Home Bandung PDIP Bandung Barat Tetap Berkoalisi

PDIP Bandung Barat Tetap Berkoalisi

991
0
  1. JABARSATU  –  Ketua Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Bandung Barat Abubakar mengungkapkan, partainya tetap akan berkoalisi dengan partai lain dalam Pemilihan Kepala Daerah 2018 nanti. Padahal, PDIP KBB sudah memenuhi persyaratan untuk mengusung bakal calon bupati/wakil bupati tanpa berkoalisi.

“Koalisi akan tetap dibuka karena PDIP bukan hanya mengajukan calon, tetapi targetnya ya menang. Nah untuk itu, koalisi harus tetap dibangun,” ujar Abubakar akhir pekan lalu.

Diketahui, PDIP KBB satu-satunya partai yang bisa mengusung bakal calon bupati/wakil bupati tanpa berkoalisi. Sebab, partai ini memiliki 12 kursi di legislatif, lebih dari yang disyaratkan untuk bisa mengusung pasangan calon, yakni 10 kursi atau 20% dari total kursi di legislatif.

Meski demikian, Abubakar belum mau menyebutkan partai mana yang akan diajak berkoalisi. Hanya, ia cenderung akan membuka ruang koalisi dengan partai yang memiliki kultur tradisonal di KBB.

“Jelas partai itu harus potensial, dan secara kultur itu bisa diterima masyarakat. Ke depan, semua itu akan kita sinergikan terkait koalisi ini,”  kata Abubakar.

Sementara itu, beberapa partai lainnya yang kemungkinan besar akan berkoalisi, yaitu Partai Keadilan Sejahtera dengan Partai Gerindra. Beberapa partai lainnya seperti Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PAN dan Nasdem belum memutuskan arah koalisi.

Ketua DPD PKS KBB Rismanto mengungkapkan, koalisi dengan Gerindra sudah instruksi dari pusat, sehingga menjadi prioritas. Namun, menurut dia, partainya tetap membuka ruang untuk berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi kuota 10 kursi guna bisa mengusung pasangan calon kepala daerah.

Dia menuturkan, PKS sedang menghitung peluang untuk membidik kemenangan. Salah satunya dengan menyiapkan kader internal yakni Ketua DPW PKS Jabar Bidang Kesra Didik Agus Triwiyono dan Ketua DPW PKS Jabar Bidang Pekerja Petani dan Nelayan Aep Nurdin untuk maju. “Peluang cukup terbuka tinggal bagaimana kami menggenjot elektabilitas dan popularitas figur yang kami usung agar siap bersaing,” katanya.(pr/jbs/md)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.