Home Bandung ILHAM HABIBIE & GEDUNG SATE

ILHAM HABIBIE & GEDUNG SATE

87
0

ILHAM HABIBIE & GEDUNG SATE

OLEH AENDRA MEDITA, anggota USA (urang sunda asli) dan TIM CSI
Nama lengkapnya  Ilham Akbar Habibie, ia adalah pakar penerbangan dan ia anak pertama dari BJ Habibie Presiden Indonesia periode 1998–1999, tapi yang mengejutkan pada acara Majelis Musyawarah Sunda (MMS) yang terlihat hanya dia yang ikut dan hadir di  Gedung Sate, dan Gedung Sate adalah tempat pemimpin yang menjadi Gubernur Jawa Barat. Cakep. Ia punya konsep yang menarik dan menjadi kunci untuk “akan” membangun Jabar.
Para aktivis Sunda yang tergabung dalam Majelis Musyawarah Sunda (MMS) melaksanakan pelantikan terhadap tokoh-tokoh yang MMS di Aula Barat Gedung Sate, pada Senin (8/7/2024) itu.
Saat ini namanya bersanding sejumlah gelar yang didapuk dalam dirinya Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B.A. pakar penerbangan berdarah Suku Gorontalo dimana keluarga besar Habibie berasal dari Kabila, sebuah kecamatan di Provinsi Gorontalo. Ilham adalah anak pertama dari pasangan Hasri Ainun Habibie dan B. J. Habibie, Ilham lahir 16 Mei 1963, Aachen, Jerman jenjang pendidikannya di University of Chicago Booth School of Business (2001–2003).
Diketahui bahwa  Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie yang menarik jadi perhatian diantara sejumlah tokoh Sunda, dan dengan tak adanya Pj Gubernur Jabar di acara itu menjadikan Sekda Jabar Dr Herman Suryatman di acara MMS jadi bintang sesaat.
Tapi ada yang jadi perhatian lebih ada lagi ada  Ilham Akbar Habibie hadir diacara MMS muncul jadi kejutan dan menjadi rebutan Doorstop Interview dari media hal inilah bisa dipastikan calon Gubernur Jabar yang “rada” peduli ke sundaan diluar politisi lain dan  publik figur hanya Ilham yang disebaut ketuaa palaksana MMS bahwa
Ilham sebagai Dispora. Namun bagi saya Ilham cerdas membaca peluang agar dekat dengan para piniseuh Jabar yang hadirn di acara MMS itu, meski ia tak tampil di panggung Ilham Akbar Habibie jadi incaran media yang saya sebut tadi  doorstop-nya  menyampaikan konsep jelas dimana ia jadikan visi misi unggulan  sebagai Gubernur Jabar dari partai Nasdem yang pertama adalah membuka lapangan kerja, kedua pendidikan baik formal maupun informal dan ketiga adalah membangun usaha mikro kecil dan menengah dan juga menengah yaitu UMKM.
Ilham melihat saat ini banyak PHK khususnya di beberapa sektor industri salah satu penyebabnya banyak dan gampangnya barang impor masuk ke Indonesia.
Tantangan ke depan bagaimana karyawan yang di PHK bisa mencari pekerjaan. “Saya catat disini bahwasannya kalau kita membayangkan industri itu maju. Ya jadi jangan kita hanya berfikir industri manufaktur-pabrik,” jelas Ilham yang pernah ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Dewan TIK Nasional).
“Jadi yang paling penting adalah kita melakukan transformasi dari pada SDM-nya, jadi dengan kita memajukan industri lebih banyak SDM warga Jawa Barat, urang Sunda” ungkapnya.
Paling tidak jika saja pada bulan Agustus nanti saat daftar di KPU untuk pilkada Jabar Ilham lolos Cagub nampaknya jelas bahwa calon yang disebut paling siap kelihatannya Ilham yang teknokrat ini dan akan jadi kekuatan modal dia sebagai pemimpin masa depan di Jabar. Cag…!!!

Aendra Medita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.