Home Bandung Jabar Bergerak dan ISBI Bandung Gelar Pameran ‘Jabar Kriya Festival 2021’

Jabar Bergerak dan ISBI Bandung Gelar Pameran ‘Jabar Kriya Festival 2021’

181
0

JABARSATU.COM – Jabar bergerak dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung didukung Dekranasda Jabar menggelar pameran di Gedung Dekranasda Jabar di Kota Bandung.

Pameran berlangsung 30 Desember 2021 – 5 Januari 2022, dibuka oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya, S.IP.,M.I.Kom., pada Kamis 30 Desember 2021.

Acara ini menjadi ajang sosialisai pengusulan Bulan Kriya Jawa Barat sebagai media kebangkitan dan semangat para pengrajin di Jawa Barat yang melibatkan beberapa universitas dan pengrajin diantaranya ISBI Bandung, UPI, Telkom, ITB, Maranatha dan pengrajin dari Tasikmalaya.

Dekranasda Jabar dan ISBI Bandung sebagai penjajakan kerjasama universitas dengan prodi kriya.

Pada pameran ‘Jabar Kriya Festival 2021’ ini ditampilkan Live Music Performance Siswa SMAN 3 dan SMAN 5, dilanjutkan Apresiasi Pameran Karya Kriya, hingga Webinar JABAYA Festival 2021. Webinar menghadirkan Keynote Speaker Prof. Dr. Setiawan Sabana, MFA. Pemateri Dr. Suciati, S.Pd., M.Ds., dan Drs. Fathurohman serta moderator Agus Cahyana, S.Sn., M.Sn.

Ketua Panitia Pelaksana Pameran Dr. Zaini Alif mengatakan acara ini merupakan upaya mendorong dan menyiapkan kebangkitan Kriya Jabar pasca pandemic nanti, baik lingkungan perajin maupun akademisi. Kami berharap kegiatan ini bisa membangkitkan semangat para pengrajin dan akademisi kriya di Jawa barat, sehingga pasca pandemic Kriya Jabar langsung bangkit. Dengan adanya pameran seni kriya ini merupakan sebuah momentum dan kesempatan untuk mengenalkan karya-karya seni, terutama seni kriya dengan harapan kedepannya melibatkan para kriyawan lebih banyak dan skala besar”, paparnya.

Pameran ini sebagai bagian dari persiapan Jabar Bergerak menuju Rekor MURI 1.000 lomba Lukis payung geulis yang sudah mendapat Warisan Budaya Tak Berbeda (WBTB) milik Jawa Barat.

Sementara itu Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI Bandung, Dr. Supriatna, S.Sn., M.Sn., menuturkan “ Acara JABAYA Jawa Barat Kriya Festival digagas ISBI Bandung bekerjasama dengan Dekranasda Jabar dan Jabar Bergerak ini merupakan kampus sebagai pelahir konsep dan wacana. Dituntut memiliki jaringan dengan pemerintah dan asosiasi serta profesional (UMKM) sesuai dengan visi misi Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI Bandung yang mengusung tradisi sebagai pijakan berkarya dalam ranah pendidikan dengan diorientasi pada seni kriya kekinian,”ungkap Supriatna yang juga seniman lukis lukusan FSRD ITB ini. (LAPORAN DAN FOTO: A ROBERT)

Previous articleSekarang Kita Ada Di Mana?
Next articleBikin Rame Nih, Rizal Ramli Bersilaturahmi dengan Tokoh Jabar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.