Home Bandung GRIMPON MARKET HEROES DAY, GELORAKAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN

GRIMPON MARKET HEROES DAY, GELORAKAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN

208
0

JABARSATU.COM –  GRIMPON MARKET HEROES DAY adalah kali ini Grimpon Market III Heroes Day adalah pasar tematik yang buka setiap Minggu Pon dengan hitungan 35 hari (selapan) sekali. Pada perhelatan ke tiga kali ini mengusung tema utama bulan pahlawan.

Acara berlangsung  di Panggung Saung utama Karang Taruna RW 026 dan RT 006 Griya Mitra Posindo Cinunuk Cileunyi Bandung Pada  saat waktu malam hari mulai pukul 19.00 hingga 22.00. Pada hari Sabtu tanggal 27/11/2021.

Saung Budaya menyajikan barang jaman baheula, Lapang Budaya 006 menyajikan Stand Kuliner, tema bulan pahlawan diangkat olehkarena perhelatan dilaksanakan bertepatan dengan bulan November yang didalamnya ada peringatan hari Pahlawan. Tema ini diangkat dimaksudkan untuk mengajak warga masyarakat mengingat kembali pengorbanan para pejuang bangsa.

“Mengambil hikmah dari keteguhan, keberanian dan semangat para pahlawan yang tidak gentar melawan kezaliman penjajah. Dengan mempertaruhkan jiwa, raga bahkan harta dengan tanpa pamrih untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa.” kata Ary.

Pasar dilaksanakan dalam suasana malam hari dengan penerangan utama obor. Hal ini memberikan nuansa tersendiri, unik dan berbeda dari dua kali pelaksanaan sebelumnya. Penggunaan obor dapat dimaknai juga sebagai sebagai api semangat membara yang dapat menjadi penerang bagi lingkungan sekitar agar terbebas dari kegelapan.

Dengan suasana ini pula dimaksudkan untuk mengajak masyarakat flashback kembali ke masa lampau dimana penerangan belum semudah saat ini yang tinggal memencet saklar maka jadilah terang. Susana yang sedemikian rupa diciptakan agar kita kondisi saat ini yang dimudahkan dalam penerangan. Kemudahan yang ada saat ini seyogyanya disyukuri dan dapat menggunakannya dengan bijak.

Kegiatan ini juga tetap mengedepankan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar dengan masih tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Disamping itu juga sebagai wujud dari slogan Desa Cinunuk bagian selatan sebagai Desa Wisata Budaya yang Prokes di suasana newnormal.

Penyelenggara Rumah Edukasi VITARI, Warga masyarakat RT.006, Karang Taruna 006, serta Orchil Creative.  Adapun Peserta pengisi stand Warga RT 006 dan sekitarnya. Pengisi acara kaarng taruna 006 dan RW 026 dan masyarakat umum.

Konsep dan tatacara pelaksanaan Grimpon Market yang memutuskan akan dilaksanakan pada malam hari. Berlanjut pada persiapan properti berupa obor dan kesiapan tenda sebagai antisipasi hujan berikut pembagian tugas kerja.

Penyelenggara menggunakan dresscode busana pejuang atau yang bersifat kemiliteran. Adapun Karangtaruna sebagai ujung tombak pada saat pelaksanaan menggunakan seragam baju karangtaruna yang memang berwarna hijau Army.

Pelaksanaan Grimpon Market Heroes Day, peran serta masyarakat sekitar tampak pada persiapan mengisi stan berikut juga persiapan properti obor dari botol minuman serta dibingkai dengan bambu yang di pada penerapannya dapat ditancapkan ke tanah. Demikian juga kelengkapan serta penerapan bendera dan umbul-umbul merah putih, dipasang pula kain berwarna Merah Putih memanjang disamping kanan panggung sebesar 5x1m guna memberikan semagat juang dalam tampilannya. Peran Serta Karang Taruna 006 berperan pada penyelenggaraan acara berikut kesiapan teknis di lapangan saat pesiapan materi, pelaksanaan kegiatan pada hari pelaksanaan Grimpon Market Heroes Day.

Setelah melalui jalan tersebut pengunjung akan berjumpa dengan tempat penukaran uang dengan foucer/mata uang Grimpon. Dengan pecahan Dua ribu dengan voucer warna hijau, Lima ribu rupiah denga warna biru dan Sepuluh Ribu Rupian dengan konversi warna ungu. Setelah melaksanakan penukaran uang pengunjung dapat menikmati sajian pameran barang jaman baheula (Bajabal di Saung Budaya

Pada Saung Budaya tersaji pameran Bajabal berupa Tas sekolah koper warna hitam mini yang sangat populer pada jamannya. Perangko seri sepeda balap Asian games IV Jakarta pada tahun 1962 milik Ari Winarno. Setrika jadul dari kuningan berbahan bakar arang, Lampu badai berbahan bakar minyak tanah, Tempat berhias mata, Mug minuman jadoel, berikut album perngko koleksi Edi Dharmawan.

Pada sisi kanan Lapang Budaya 006 tersaji kuliner olahan warga setempat berupa; Masakan mie ayam, Pempek palembang dan makanan saji milik Ibu Rosidin. Sajian camilan tradisional milik Ibu Tatat, Seblak, dan aneka makanan cepas saji milik Ibu Edi, Berikut Aneka minuman milik Kang Ade.

Adapun area Panggung Budaya 006 tersaji aneka pementasan dari karang Taruna 006 dan RW 026 berupa Tarian Tablo oleh saudari Tania Penampilan seni seruling, serta sajian musik secara akustik dengan berbagai tampilan lagu tersaji disepanjang penyelenggaraan Grimpon Market Heroes Day.

“Pada area lapang pasar dibuat terbuka. Sisi kiri terdapat tempat duduk bambu memanjang yang dapat dipergunakan istirahat santai sambil menikmati sajian pertunjukan di panggung utama serta dan kuliner disisi kanan lapang. Sedangkan pada sisi tengah diranvcang sebagai tempat interaksi pengunjung. Disana ada yang ikut bernyanyi serta bergoyang mengikuti irama tampilan di panggung utama”ujarnya

Acara Grimpon Marker Heroes day yang tersaji pada 27 November ini merupakan sajian terakhir penutup Grimpon Market di tahun 2021, oleh karena pada bulan Desember tidak menjumpai pasaran Minggu Pon. Dan berlanjut di tahun 2022 dengan tema yang sudah dipersiapkan. (ANDI ROBERT/JBS)

Previous articlePrabowo-Puan, Pasangan Yang Paling Siap Maju
Next articleMemiliki dan Merawat 212 Sebagai Ghiroh Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.