Home Bandung KSR DKKC Gelar Lomba Lukis Terapis Ditengah Pandemi Covid-19

KSR DKKC Gelar Lomba Lukis Terapis Ditengah Pandemi Covid-19

191
0
Perseta lomba lukis saat pengambilan perlengkapan melukis yang disediakan panitia (27/6/2021)/ist

JABARSATU.COM – Komite Seni Rupa Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (KSR-DKKC) meyelenggarakan Lomba Lukis dengan model Work From Home atau dikerjakan di rumah.

Acara dalam rangka memperingati hari jadi Kota Cimahi ke 20 tahun ini diperuntukan bagi pelajar SMP dan SMA/K dengan tema Lawan Covid-19 Kota Cimahi.

Ketua KSR-DKKC, Deden Maulana mengatakan bahwa tujuan lomba ini memberi makna menumbuhkembangkan serta membentuk karakter pribadi para pelajar di Kota Cimahi terhadap minat dan bakat yang kreatif, kritik, dan inovatif.

Perseta lomba lukis saat pengambilan perlengkapan melukis yang disediakan panitia (27/6/2021)

Kedepan mereka akan dihadapkan pada gelombang perubahan zaman yang semakin kompetitif. Seperti yang terjadi pada saat ini bagaimana mereka harus menghadapi dan melawan situasi pandemi yang telah mengubah tatanan kehidupan hampir di segala bidang.

“Pembatasan sosial dan penutupan sekolah berdampak pada pendidikan, kesehatan mental, dan akses kepada pelayanan kesehatan dasar. Meskipun demikian, kita tetap semangat untuk terus belajar dan kreatif menghadapi pandemik ini. Salah satunya kita patuh menjalankan protokol kesehatan yang telah dihimbau oleh orang tua dan juga bisa belajar di rumah dengan baik,” ujar Deden saat ditemui di sekretariat DKKC, Imah Seni, Jl. Pabrik Aci Kota Cimahi (27/6/2020).

Menurutnya, penyelenggaraan Lomba lukis ini merupakan satu upaya dalam memotivasi semangat para pelajar di Kota Cimahi agar tidak merasa jenuh tinggal di rumah dengan rutinitas yang sama. Besar harapan dengan melukis menjadi bagian terapis dalam mengurangi kecemasan menghadapi pandemi Covid-19.

“Selain sebagai media terapis, saya berharap dari kegiatan ini akan terlihat potensi yang mewakili pengembangan para pelajar, yang harus dilakukan pada jenjang pendidikan dasar, khususnya SMP dan SMA sebagai langkah nyata dikemudian hari,” tuturnya.

Deden mengungkapkan Lomba Lukis ini juga sebagai ajang melahirkan generasi baru di dunia seni lukis, seni rupa dan desain pada umumnya di Kota Cimahi. “Mereka nantinya bisa aktif langsung di KSR-DKKC bersama pelaku seni rupa dan pelaku seni lain yang sudah berpengalaman sebagai teman kerja dan berproses bersama,”harapnya.

Lebih lanjut Deden, untuk perserta lomba pihak panitia menyediakan fasilitas berupa kanvas lukis berukuran 60 Cm X 80 Cm dan cat lukis empat warna (warna primer). Para peserta juga diperkenankan membawa alat melukis sendiri dan media tambahan lainnya. Media lukis yang disediakan oleh panitia di diambil di sekretariat DKKC di Imah Seni Kota Cimahi, Komplek Ruko Cimahi Square No. B.09, Jalan Pabrik Aci, Kota Cimahi.

“Para pelajar peserta lomba dipersilahkan menuangkan ide dan gagasan sesuai pengetahuan dan pengalamannya secara bebas dan beretika di atas kanvas yang telah disediakan. Adik-adik dapat menggunakan teknik menggambar secara bebas serta tambahan media lainnya yang dianggap perlu sebagai bentuk kreatifitas pada kanvas tersebut. Sajikan gambar atau lukisan tersebut dengan menarik dan bersih, tapi tidak boleh menggunakan unsur huruf atau kata-kata,” papar Deden.

Ditambahkan Deden, jadwal dan waktu pengambilan media melukis serta pengarahan singkat terkait penjelasan tema/judul lukisan akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2021, jam 11.00 – 14.00 WIB. Pelaksanaan lomba di rumah masing-masing peserta (WFH) pada tanggal 28 Juni s/d 9 Juli 2021.

Saat melaksanakan proses pembuatan karya, wajib direkam pergunakan video Hp secara singkat (bagian awal – tengah dan akhir). Hasil pembuatan karya lukis dan rekaman video dapat dikumpulkan di Imah Seni tanggal 11 Juli 2021, jam 11.00-15.00 WIB (untuk Video dapat dikirim ke Nomor WA sesuai pendaftaran). Seluruh peserta lomba mendapatkan Sertifikat. Bagi pemenang juara ke 1, 2 dan 3 diberikan Piala, juga uang pembinaan.

Seluruh karya menjadi milik panitia, dibuat dokumentasi untuk di pamerkan secara virtual atas nama peserta dan sekolah masing-masing. Hasil lomba akan di umumkan pada tanggal 18 Juli 2021 lewat siaran langsung di kanal youtube DKKC, dan diterbitkan pada media online berikut karya-karyanya. Sedangkan pemberian hadiah bagi juara serta sertifikat bagi seluruh peserta akan diberikan pada tanggal 25 Juli 2021 jam 11.00 WIB di Imah Seni Kota Cimahi.

Sejalan dengan pandangan Deden, Ketua DKKC, Hermana HMT mengungkapkan, bahwa lomba lukis penting dilakukan untuk pelajar terutama bagi para remaja setingkat SMP dan SMA/K yang sedang berproses pencarian identitas diri, dan sedang senang-senangnya segala dicoba atau dilakukan jika menurutnya menarik.

“Melukis atau belajar melukis penting bagi mereka, apalagi ditengah situasi seperti ini. Setahun lebih 3 bulan mereka harus tinggal di rumah dengan aktifitas belajar dan lainnya lewat internet atau lewat alat kumunikasi berupa handphone (HP). Kegiatan tersebut tentu bisa menjenuhkan. Maka dalam kondisi seperti itu perlu ada media lain untuk kendurkan rasa jenuh. Salah satunya melakukan aktifitas berkesenian, diantaranya melukis,” ungkap Hermana saat panitia lomba memberikan kanvas dan perlengkapan lukisan lainnya pada peserta yang sudah mendaftar, di Sekretariat DKKC (27/6/2021).

Hermana juga menegaskan, kejenuhan yang panjang jangan sampai membuat mereka mencari sensasi-sensasi yang berakibat buruk bagi perkembangan fisik dan psikologinya. Tawaran-tawaran aplikasi di HP banyak yang menggiurkan untuk dijajaki termasuk aplikasi yang mengarah pada pornografi atau hal negatif lainnya bisa diakses secara bebas menjadi bagian pembusukan karakter para remaja yang jiwanya masih labil.

“Untuk itu mereka perlu diarahkan dan dilibatkan secara fisik, agar tidak terlampau asik dengan media sosialnya. Berkesenian seperti melukis di atas kanvas merupakan kegiatan yang melibatkan aktifitas fisik dan pikiran, yang setidaknya bisa menjadi penyeimbang kegiatan yang dilakukan di dunia maya,” beber Hermana.

Selain itu menurut Hermana, bahwa pelepasan emosi yang dituangkan dalam bentuk lukisan bukan semata pengalihan satu ekspresi ke ekspresi lainnya, tapi sebagai upaya menguatkan daya imajinasi yang bisa melahirkan gagasan kreatif yang bernilai sesara estetik dan kedepannya punya nilai jual secara finansial.

“Kegitan ini juga sabagai usaha DKKC dalam pemajuan kebudayaan dan pelaku budaya di Kota Cimahi, agar dapat bersaing di dunia global. Maka, selain menyelenggarakan kegitan lomba lukis KSR-DKKC juga bersiap menyelenggarakan workshop seni kriya dari bahan dasar yang dekat dengan kehidupan kita, bahkan mungkin dari bahan oleh orang awam dianggap tidak bernilai. Semoga kegiatan kami ini berjalan dengan lancar dan semuanya sehat walafiat,”pungkas Ketua DKKC yang aktif pula sebagai pelaku teater.(JANG/JBS)

Previous articleBEBAN SUPER BERAT FR dan MYO
Next articleApresiasi, Menteri Undur Diri Usai Langgar Aturan Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.