Home Bisnis & Ekonomi PSBB di Bandung, Stasiun dan Terminal Sepi

PSBB di Bandung, Stasiun dan Terminal Sepi

61
0

JABARSATU.COM – Pada masa normal, seharusnya akhir pekan ini bisa dikatakan sebagai puncak awal dari arus mudik Lebaran 2020, namun karena kebijakan PSBB yang melarang masyarakat untuk melakukan mudik ke kampung halamannya. Dua titik yang biasanya ramai yaitu Stasiun Bandung dan Leuwi Panjang nampak sepi.

TIM JabarSatu.COM pada akhir pekan ini melakukan pemantauan langsung ke dua lokasi tempat kedatangan dan keberangkatan penumpang dengan moda transportasi utama, kereta api dan Bus antar kota antar propinsi (AKAP), Di Stasion Kereta Api Bandung dan Terminal Bus Leuwipanjang Bandung itu terlihat lenggang.

Hasil pemantauan di Stasiun Kereta Api Bandung, Jl Kebon Kawung terlihat sangat sepi dan nyaris seperti tidak terlihat adanya keberangkatan atau kedatangan kereta api antar kota antar provinsi.

Selain memang karena PT Kereta Api Indonesia (KAI) hanya melayani kereta komuter Bandung Raya (Cicalengka – Bandung – Cimahi – Padalarang) dan Bandung – Surabaya. Untuk Bandung – Surabaya dan sebaliknya hanya diijinkan 1 kali perjalanan per harinya. 1 hari keberangkatan, dan kedatangan esoknya, dengan pola tanggal genap ganjil.

Untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 PT KAI tetap melakukan protokol ketat, mulai dari pemeriksaan ‘surat jalan’, surat kesehatan, disinfektan calon penumpang, baik yang datang maupun akan berangkat.

Menurut petugas keamanan PT KAI Bandung, dalam masa PSBB ini ditemukan juga calon penumpang yang tertolak karena tidak memenuhi protokol Covid-19.

Keadaan sepi juga karena di Terminal Bus Leuwipanjang Bandung. Terminal Bus ini benar-benar melakukan total lockdown. Sehingga sama sekali tidak terdapat kedatangan dan keberangkatan bus antar kota antar provinsi (AKAP). | Laporan dan Foto: LLH/JBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.