Home Bekasi Rapid Tes Warga Delta Pekayon Kota Bekasi Dilakukan Secara Mandiri

Rapid Tes Warga Delta Pekayon Kota Bekasi Dilakukan Secara Mandiri

32
0
Tim GTC 19 DPJ (Gugus Tugas covid 19 Komplek Delta Pekayon Jaya Bekasi)/ist

JABARSATU.COM – Menarik pengurus Gugus Tugas Covid19 Delta Pekayon Jaya Kota Bekasi. Sehingga mereka pun mengusahakan dengan sekuat tenaga untuk bisa mendatangkan tes covid19 ke komplek Delta Pekayon Jaya, dikarenakan wilayah mereka masuk dalam zona merah kecamatan Bekasi Selatan.

Akhirnya pada Selasa (12/05/2020), tim Gugus Tugas Covid Delta berhasil bekerja sama dengan HomeCare24 yang menyediakan layanan rapid tes gratis untuk warga komplek Delta.

Kegiatan Rapid Tes

“Rapid tes ini sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan kewaspadaan bagi warga atas virus Covid19, bagaimana pun dengan mengetahui siapa warga yang terdeteksi kena virus, maka kami sebagai pengurus RW bisa lebih mudah membantunya,” kata Pak Teguh, ketua RW komplek Delta Pekayon.

Ditambahkan Teguh bahwa warga Delta Pekayon ini banyak sekali yang masih harus bekerja terutama yang bertugas di Rumah Sakit atau perusahaan tempatnya bekerja yang tidak mengadakan WFH.

Rapid Tes Warga Delta Pekayon Kota Bekasi 3

Jonathan, seorang pengurus Gugus Tugas Covid19 Delta Pekayon yang lain mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk perhatian terhadap warga dari pada harus menemukan mereka positif Covid19 dalam kondisi kronis. “Bagaimana pun, mengetahui sejak dini jauh lebih penting,” ujarnya.

Kegiatan rapid tes ini menyediakan 150 alat tes bagi warga yang sebelumnya sudah melalui tanya-jawab dan diedarkan oleh petugas Gugus Tugas Covid19 Delta Pekayon. Juga beberapa warga yang rentan.

Masih menurut Jonathan, “Kami juga memilih siapa saja warga yang wajib ikut rapid tes berdasarkan skala prioritas, seperti usia, status profesi atau pekerjaan dan riwayat bepergian.”

Rapid Tes Warga Delta Pekayon Kota Bekasi 4

Menggandeng Puskesmas Setempat

Pengurus RW melalui tim gugus tugas Covid19 Delta Pekayon, juga menggandeng para tenaga medis dari Puskesmas Pekayon, tampak hadir dokter Agoeng kepala Puskesmas Pekayon Jaya, ikut juga mengerahkan ambulan dan tim dokter serta perawatnya. Puskesmas Pekayon Jaya memberikan test swab sebagai kelanjutan rapid tes, langsung kepada para peserta tes yang terindikasi positif.

Dokter Agoeng aktif memberikan pemahaman kepada warga sebagai tanggung jawab beliau di Puskesmas dan juga memastikan warga yang selesai tes dan hasilnya positif untuk tetap tenang serta meyakinkan warga bahwa Puskesmas tidak akan tinggal diam bila ada yang positif nantinya.

PARTISIPASI WARGA

Rapid Tes Warga Delta Pekayon Kota Bekasi 5

Partisipasi Warga

Warga Delta Pekayon Jaya Kota Bekasi ini tampak antusias dalam mengikuti rapid tes agar memastikan diri tidak terindikasi kena virus Covid19. Ini menggambarkan bahwa kegiatan rapid test ini memang penting untuk dilakukan.

“Hal yang menyenangkan disini, semua warga saling mendukung sehingga warga tidak akan merasa sendirian bila nantinya terindikasi kena virus Covid19 ini,” kata Pak Sundarto, salah seorang warga ketika dihubungi Tim Bersama Lawan Covid 19 ini.

Rapid Tes Warga Delta Pekayon Kota Bekasi 6

Dukungan

Kegiatan ini, selain atas inisiatif Tim Gugus Tugas Covid 19 Delta Pekayon, juga terselenggara atas kolaborasi dukungan dari HomeCare24 dan Cipendawa Rent Bus.

HomeCare24 sebagai perusahaan telemedicine, melakukan rapid tes ke berbagai tempat dan Cipendawa Rent Bus sebagai perusahaan transportasi menyumbangkan sumber daya untuk mobilisasi tim rapid tes.|SDR/JBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.