Home JabarKini Penemuan Bebatuan di Lokasi Legenda Sangkuriang Kabeurangan

Penemuan Bebatuan di Lokasi Legenda Sangkuriang Kabeurangan

75
0

JABARSATU.COM – Penemuan bebatuan terhampar sepanjang sekitar 100 meter, sebagian batu berbentuk persegi panjang dan kotak di area perkebunan Blok Pasirlandak mengejutkan warga Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang.

Kepala Desa Nagrak Erwin Kuntana mengatakan, bebatuan tersebut ditemukan warga saat akan membuka akses jalan ke perkebunan.  Awalnya lokasi ini memang sangat jarang orang yang datang. Diketahui ada batu-batu juga saat warga sedang membersihkan rumput-rumput liar yang sudah panjang. ujar Erwin, Jumat (7/2/2020).

Menurut Erwin, Lokasi penemuan batu berada sekitar 1 Km dari jalan raya. Hanya kendaraan roda 2 yang bisa menembus lokasi tersebut.  “Kata orangtua dulu sih ini lokasi ini ada kaitannya dengan legenda Sangkuriang Kabeurangan. Ada juga yang bilang bekas ‘patilasan’ Prabu Siliwangi,” ujar Erwin, Jumat (7/2/2020).

Lanjut Erwin, pihaknya masih menunggu hasil penelitian dan kajian badan geologi, terkait asal muasal dan jenis batu-batu tersebut.  “Kalau melihat ini batunya kemungkinan lebih tua dari batu-batu di Candi Borobudur. Nanti para ahli yang bisa memastikan,” ungkap Erwin.

Camat Buahdua Tono Suhartono menyebut pihaknya berencana mendorong lokasi penemuan batu menjadi tempat wisata. Dikatakan, lokasi bebatuan sebagian berada diatas tanah kas desa, dan sebagian lagi tanah milik warga. 

“Kalau dilihat ini punya potensi wisata alam, karena ada sumber air juga di lokasi ini. Namun kita masih menunggu hasil penelitian dan kajian dari pihak geologi dan kepurbakalaan,” Jelas Tono.*I MANG-JBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.