Home Bandung Kawasan RTH Mbah Garut Cisurupan Bandung di Tanami Pohon Produktif

Kawasan RTH Mbah Garut Cisurupan Bandung di Tanami Pohon Produktif

546
0

JABARSATU.COM – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan,  dalam upaya mengoptimalisasi lahan di daerah perbukitan di kawasan timur Kota Bandung Pemerintah Kota Bandung melakukan penanaman sebanyak 2.500 pohon.

Menurut Yana, penanaman pohon di area perbukitan ini menjadi investasi besar dalam mereduksi banjir. Yakni menyediakan resapan air yang lebih banyak di area hulu sehingga diharapkan mampu mengurangi debit air turun hilir.

“Intinya kita menghijaukan wilayah ini. Mudah-mudahan ini bisa mengurangi dampak. Karena ini memperbanyak penyerapan air di hulu sehingga ke hilir semakin sedikit air yang mengalir,” ucap Yana usai penanaman pohon di kawasan Mbah Garut, Cisurupan Kota Bandung, Jumat (7/2/2020).

Jelas Yana, 14 jenis tanaman buah-buahan juga sengaja dipilih agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Sehingga, keberadaan pohon ini tidak hanya menjadi lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) semata, melainkan bisa tumbuh dan memberikan hasil lebih produktif.

Yana meminta kepada aparat kewilayahan untuk menginventarisir lahan milik pemerintah yang masih nganggur. Nantinya lahan tersebut akan dioptimalkan fungsinya tidak hanya sebagai RTH saja.

“Insyaallah saya lagi mendata, kita coba tanah milik Pemkot untuk dimanfaatkan. Selain menjadi RTH fungsinya semakin bertambah,” ungkap Yana.

pungkas yana, kawasan Cisurupan ini juga akan dikembangkan agar memiliki magnet wisata. Di antaranya dengan membuat track sepeda downhill dan cross country.*l

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.