Home Bisnis & Ekonomi Seluas 50 Hektare Tanah di Cibugel Sumendang Siap Tananami Kopi

Seluas 50 Hektare Tanah di Cibugel Sumendang Siap Tananami Kopi

164
0

JABARSATU.COM – Kabupaten Sumedang siap kembangkan kopi sebagai upaya tingkatkan pendapatan petani. dalam hal ini petani di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang siapkan sekitar 50 hektare areal lahan untuk diproyeksikan menjadi perkebunan komoditi kopi.

Menurut Rusman tokoh tani yang juga mantan Kepala Desa Cibugel, wilayah Cibugel yang berada di ketinggian 800 mdpl  dinilai cocok untuk komoditi tersebut. “Kami tertarik untuk mengembangkan kopi, karena wilayah kami kebanyakan merupakan wilayah perkebunan,” ujar Rusman, Jumat (17/1/2020).

Rusman menjelaskan, areal lahan yang sudah disiapkan diantaranya di blok Panggung dengan luasan sekitar 20 hektare, kemudian blok Pamunduran,10 hektare dan blok Palasari lebih dari 20 hektare.

“Sudah berkoordinasi dengan kelompok tani, mereka antusias. Tinggal perencanaan selanjutnya,” kata Rusman.

Tambah Rusman, hampir secara keseluruhan luas areal perkebunan di Desa Cibugel biasanya ditanami komoditi jagung, singkong dan kayu keras. Selain itu, ada juga yang menanam padi huma, ketika musim hujan.

“Wilayah perkebunan Cibugel belum dimenej dengan baik. Sehingga belum menghasilkan produksi yang maksimal,” keluh Rusman.

Rusman berharap, dengan dikembangkannya komoditi kopi, paling tidak bisa menjadi pembanding atas komoditi lainnya. Terlebih komoditi kopi, saat ini sedang dikembangkan Pemkab Sumedang.

“Kemungkinan dari kopi bisa menjadi andalan pendapatan sehingga ekonomi petani Cibugel bisa terangkat. Meski petani disini jarang menanam kopi. Tapi kami yakin kalau petani mendapat bimbingan teknis akan bisa mengembangkan komoditi kopi di Cibugel,” tandas Rusman.*l MANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.