Home Bandung Rocky Gerung: Bila Istana Menggaji Buzzer, Percuma Basmi Hoax!

Rocky Gerung: Bila Istana Menggaji Buzzer, Percuma Basmi Hoax!

659
0
Rocky Gerung

Filsuf dari Universitas Indonesia (UI), Rocky Gerung mempertanyakan upaya pemerintah membasmi informasi bohong alias hoax yang bertebaran di media sosial.
BERITA TERKAITBanyak Kasus Hukum Menumpuk Selalu Diselesaikan Lewat Pencitraan BuzzerDi Negeri Pancasila Orang Mau Jadi Buzzer Penyebar FitnahSeburuk-buruk Sampah Demokrasi Adalah Buzzer
Bahkan menurut Rocky, upaya pemerintah untuk memberantas hoax akan sia-sia. Lantaran keberadaan buzzer atau pendengung seperti dilegalkan jika kubu pemerintah memang terbukti pernah menggunakan jasa mereka. Salah satu bukti inkonsistensi adalah saat Pilpres 2019.

“Bila istana menggaji buzzer, maka tak ada lagi alasan (percuma) membasmi hoax. Legaaaal, Ndro,” sindirnya dalam akun Twitter pribadi, Minggu (6/10).

Sebelum mengunggah kicauan ini, Rocky sempat mengkicau ulang pemberitaan mengenai pernyataan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko yang mengakui bahwa pemerintah sudah tidak membutuhkan buzzer.

Pengakuan disampaikan karena buzzer pendukung Jokowi tengah disorot publik seiring hoax yang disampaikan saat gelombang aksi di DPR beberapa waktu lalu.

Moeldoko lalu memberi imbauan kepada para buzzer pendukung Jokowi agar menyebarkan emosi positif dan bukan menciptakan narasi kebencian.

Mantan panglima TNI itu lantas menguraikan bahwa para buzzer tidak dalam satu komando dan pemerintah tidak pernah membuat buzzer secara resmi. Mereka, katanya, bergerak dan berkembang masing-masing.

Awanya, lanjut Moeldoko, buzzer bertujuan untuk menjaga marwah pemimpinnya. Namun dalam kondisi sekarang, dia memandang para buzzer tersebut sudah tidak diperlukan lagi. Termasuk para pendengung politik.

“Dalam situasi ini bahwa relatif sudah enggak perlu lagi mereka (buzzer). Karena yang diperlukan adalah dukungan-dukungan politik yang lebih membangun, bukan dukungan politik yang bersifat destruktif,” tegasnya. |RMO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.