Home Bandung Uchok Sky Khadafi : Wagub Jabar Harusnya Bisa Panggil Paksa

Uchok Sky Khadafi : Wagub Jabar Harusnya Bisa Panggil Paksa

187
0
Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi /JBS

JABARSATU.COM – Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menyarankan mestinya aparat hukum bisa ambil paksa Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dimana kasus Bansos yang menimpa kan  dia jadi Bupati di Kab Tasikmalaya.

“Sudah tiga kali  mangkir padahal baru sebagai  saksi, Wagub Jabar harus tahu diri dan aparat hukum mestinya panggil paksa saja,” ujar Uchok saat beremu redaksi JabarSATU di Bilangan Metropol Jakarta Pusat. 

Wakil Gubernur juga harus tak perlu takut jika memang dia tidak terlibat kan hanya sebagai saksi. Jangan jadi ada asumsi, jangan jangan dia terlibat. “Apalagi kini dia sebagaia Wagub mestinya kasih contoh ke publik,” tegas Uchok.

Sebelumnya memang  Wakil Gubernur yang Mantan Bupati itu. Dalam tiga kali panggilan Sidang  kenapa tidak nonggol indikasikan keterlibatan?

Penasihat hukum terdakwa Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya, Bambang Lesmana, di Pengadilan Negeri Bandung, Senin (18/3). Bambang mengatakan absennya Uu dalam persidangan mantan anak buahnya mengindikasikan Uu memang benar menyuruh Abdul Kodir untuk mencari dana guna kegiatan Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) dan penyerahan hewan kurban. 

Lantaran dua kegiatan tersebut tidak ada dalam APBD, oleh karenanya Uu meminta para terdakwa melakukan pemotongan anggaran bantuan sosial untuk merealisasikan program tersebut.

“Keterangan saksi-saksi lain yang sudah diperiksa di persidangan yang menyatakan perintah Pak Uu akan dijadikan sebagai pertimbangan hukum dalan putusan. Karena keterangan terdakwa tidak disangkal oleh Pak Uu. Kalau Pak Uu ada, kan disangkal. Tapi karena tidak hadir, berarti tidak disangkal,” katanya. 

Uu dipanggil untuk hadir sebagai saksi dalam sidang perkara dana bansos Tasikmalaya dengan terdakwa Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Abdul Kodir dan kawan-kawan hari ini. 

Namun, pada pemanggilan yang ketiga kali ini Uu lagi-lagi tak hadir di persidangan. Pemanggilan pertama dilakukan oleh pengacara Abdul Kodir namun tak hadir. 

Uchok menambahkan program Bansos memang memiliki catatan paling banyak kasus kepala Daerah dan banyak potensi penyimpangan terjadi dan program ini anggarannya besar tapi program tak begitu berhasil baik,” tandas Uchok. 

| Laporan Koresponden JAKARTA, R ZUL untuk JABARSATU.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.