Home Bandung SURVEI CSI: KHUSUS CALEG DPD RI DARI JABAR, EMAK-EMAK & MILINEAL JADI...

SURVEI CSI: KHUSUS CALEG DPD RI DARI JABAR, EMAK-EMAK & MILINEAL JADI PILIHAN

135
1

DI PEMILU DEWAN PERWAKILAN DAERAH 2019 UNTUK JAWA BARAT, CITRA SURVEI INDONESIA (CSI) bersama Mitra Survei Pusat Kajian Komunikasi Politik Indonesia (PKKPI) melakukan SURVEI DAN PERILAKU PEMILIH
DAALAM SOSIALISASI PARA CALON YANG BERHARAP MASUK DIBURSA DPD RI DI SENAYAN. INILAH HASILNYA.

Dalam survei yang dilakukan pada 15 – 24 DESEMBER 2018 di JABAR
akhirnya terbedah hasilnya dari para calon yang masuk 49 caleg DPD RI dari Jabar yang akan masuk 4 calon. Lalu ada yang paling aktif sosialisasi yang terpantau dari yang aktif ada yang mausk 8 calon versi CSI- PKKPI.

Dalam survei yang dilakukan pada 15 – 24 DESEMBER 2018 di JABAR akhirnya terbedah dari 49 caleg DPD RI daerah pemilihan Jabar terpantau yang aktif sosialisasi ada 8 calon versi CSI- PKKPI.

Kedelapan calon yang disurvei di 27 Kab/Kota di Jabar ini menunjukkan hasil SURVEI DAN PERILAKU PEMILIH dimana Elektabilitas POSISI BERDASAR TINGKAT KEUNGGULAN KANDIDAT DI LAPANGAN masih rata-rata:

Seandainya pemilihan langsung dilaksanakan pada hari ini, calon yang diinginkan menjadi anggota DPD RI?
Ada 8 Calon yang terjaring aktif dan Elektabilitasnya terlihat baik

Mereka adalah :Kedelapan calon yang disurvei di 27 Kab/Kota di jabar ini menunjukan hasil SURVEI DAN PERILAKU PEMILIH dimana Elektabilitas POSISI BERDASAR TINGKAT KEUNGGULAN KANDIDAT DI LAPANGAN masih rata-rata:Seandainya pemilihan langsung dilaksanakan pada hari ini, calon yang inginkan menjadi CALEG DPD ada 8 yang terjaring aktif dan Elektabilitasnya terlihat baik?

Mereka adalah :

Dalam hal ini CSI, PKKPI menurut Wahyu Hermana bahwa menarik soal pilihan yang terjadi di masyarakat Jabar karena kemungkinan akan berubah namun tak terlalu besar perubahan itu.

Dalam hal ini CSI, PKKPI menurut Wahyu Hermana bahwa soal pilihan yang terjadi di masyarakat Jabar kemungkinan akan berubah namun tak terlalu besar perubahan itu.

“Secara spontan mereka mengenal calon yang diinginkan oleh masyarakat untuk saat ini karena mereka sering sosialisasi saja,” ujar Wahyu, salah satu analis CSI yang memimpin PKKPI, dalam rilis yang disampaikan pada Jumat, 28 Desember 2018 di Bandung.

Survei ini dilakukan di 27 Kab/Kota di Jabar yang dipilih secara acak proporsional, dengan 44.100 responden dan Margin of error : ± 4.1 % dan ada beberapa temuan menarik sehingga survei yang dilakukan 15 – 24 DESEMBER 2018 ini dipastikan akan mengalami perubahan.

Dia juga menambahkan bahwa temuan menarik hasil survey jelang 4 bulan pelaksanaan Pileg DPD RI 17 April 2019 nanti yang bersamaan dengan Pilpres, Survei DPD khusus jabar ini unik.

“Perlu diwaspadai bahwa memang belum semua calon melakukan kampanyenya. Kampanye terbuka mulai ramsi diperkirakan pada tahun 2019 awal, dan akan terus membayangi calon-calon lainnya, namun 8 nama yang masuk ini memang sudah ekstra untuk berjuang meski tingkat kepopuleran mereka ada yang masih akan berubah di publik,” papar Wahyu.

Sementara itu Direktur Eksekutif CSI Aendra Medita menambahkan bahwa para calon masih punya peluang asal terus melakukan sosialisasi yang kuat di Jabar. Cuma Jabar kan luas, jadi perlu tenaga ekstra.

“Bisa jadi elektabilitas yang sudah masuk ini bukan hanya dirinya dikenal tapi mereka dipopulerkan oleh para pendukung atau relawan yang mendukung para calon,” tambah Aendra.

Saya melihat ini tidak mengesampingkan nama lain yang juga sudah turun ke bawah dengan pendukungnya tapi kenyataan di lapangan adanya begitu dari hasil data survei akhir tahun kami khusus DPD RI Jabar, lanjut Aendra.

Seperti kita tahu daftar pemilih tetap atau DPT Jawa Barat untuk Pemilu 2019 tercatat sebanyak 32.636.846 pemilih.

Angka itu terdiri atas 16.401.010 pemilih laki-laki dan 16.235.836 pemilih perempuan. Para pemilih tersebar di 627 kecamatan atau 5.957 desa/kelurahan. Mereka akan dilayani 137.401 TPS.

Jumlah TPS itu hampir dua kali lipat lebih banyak dibanding TPS pada Pilgub Jabar Juni 2018 lalu.

Data tersebut ditetapkan KPU Jawa Barat dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap pada Pemilu 2019 30 Agustus 2018.

Maka apa yang akan terjadi nanti di Pileg DPD RI untuk Jabar yang akan memilih 4 calon jadi, kita hanya bisa lihat pada hari (H) 17 April 2019 dan biarlah pilihan masyarakat yang menentukan SIAPA YANG LAYAK DALAM LIMA TAHUN KEDEPAN untuk DPD RI dari Jabar.***|JANG

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.