Home JabarKini Pesan Politik Sunda, Ki-Sunda untuk Indonesia

Pesan Politik Sunda, Ki-Sunda untuk Indonesia

630
0

JABARSATU.COM – Melalui sebuah perenungan panjang para pejuang Ki-Sunda di tatar Jawa Barat, Banten dan seluruh pelosok Nusantara dengan ini kami mengingatkan kepada para elite politik dan para pemangku kekuasaan di lingkungan kekuasaan pusat:

1. Bahwa Sunda sebagai suku bangsa terbesar kedua di Indonesia telah memberikan andil dan sumbangsih yang sangat besar bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dari mulai Pra-Kemerdekaan, masa awal kemerdekaan hingga hari ini saat usia kemerdekaan bangsa memasuki usia yang ke 73 tahun.
2. Bahwa warga Sunda senantiasa konsisten dengan keputusan bersama bangsa Indonesia dari mulai pondasi Bangsa yakni dalam bentuk penerimaan dan pembela utama 4 Pilar Negara, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika hingga dukungan terhadap setiap proses perubahan sistem dan mekanisme demokrasi bangsa yang hingga hari ini belum menemukan bentuk sepenuhnya.
3. Bahwa setiap waga Sunda dimanapun memiliki kesungguhan dan keteguhan yang kuat untuk terus terlibat memberi kontribusinya dalam setiap proses pembangunan dimanapun dan dalam bentuk apapun agar senantiasa pembangunan memberikan kemaslahatan bagi seluruh bangsa Indonesia dengan prinsip keadilan dan kesetaraan.

Namun demikian apa yang diperoleh oleh warga Sunda selama ini terasa jauh dari rasa keadilan dan kesetaraan. Pemerataan dan kenikmatan pembangunanan seperti tidak memihak kepada warga Sunda khususnya yang menetap di wilayah utamannya yakni Jawa Barat dan Banten.

Apresiasi para elite politik dan pemegang kekuasaan di pusat pun seperti tidak lagi proposional dengan apa yang telah diberikan warga Sunda seperti disebut di atas. Bagai sebuah konspirasi elite yang menafikkan eksistensi dan harga diri Ki-Sunda, para elite seperti mengabaikan para tokoh dan potensi Ki-Sunda dalam kesempatan menempati posisi yang memungkinkan Ki-Sunda ikut mengelola dan berjuang demi kepentingan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Melalui momentum Demoktasi terkait Pemilihan Presiden dan Wakil Presiaden Republik Indonesia tahun 2019 yang prosesnya berawal dari pencalonan Presiden dan Wakil Presiden yang dimulai dalam waktu dekat ini.

Maka dengan ini seluruh warga dan pejuang Ki-Sunda di Jawa Barat, Banten dan seuruh pelosok menyampaikan pesan kepada siapapun yang menyatakan dirinya siap bertarung di Pemilihan Presiden mendatang kami menyampaikan pesan sebagai berikut:

1. Warga Sunda bertekad untuk mendorong NKRI yang lebih maju berpijak pada 4 pilar kebangsaan, lebih beradab, berkeadilan serta menjunjung tinggi martabat dan kesetaraan antar suku bangsa.
2. Warga Sunda siap mendukung dan mensukseskan Pemilihan Presiden 2019 yang juju, adil dan transparan.
3. Warga Sunda siap mendukung dan memilih calon Presiden 2019 yang memiliki kesungguhan komitmen dan keberpihakan pada rakyat Indonesia khususnya keberpihakan kepada warga Sunda.
4. Demi Eksistensi dan harkat martabat Ki- Sunda dengan tawadhu warga Sunda berketetapan hati untuk mengusung dan mengusulkan kepada para calon Presiden mendatang dua potensi pejuang Ki-Sunda sebagai calon Wakil Presiden yakni; DR (H.C) H. Ahmad Heryawan Lc, MiSi dan Prof DR H. Yuddy Chisnandi.

Demikian Pesan Politik Ki-Sunda ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian para elite dan para pemangku kekuasan dan para Caoln Presiden Republik Indonesia 2019-2024.

Bandung 5 Agustus 2018

Previous articlePanglima TNI Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Aceh “Sri Lela Wangsa”
Next articleDesa Asuh, Budidaya Lele

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Notice: Function amp_has_paired_endpoint was called incorrectly. Function called while AMP is disabled via `amp_is_enabled` filter. The service ID "paired_routing" is not recognized and cannot be retrieved. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 2.1.1.) in /home/jabarsatu/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831

Notice: Function amp_has_paired_endpoint was called incorrectly. Function called while AMP is disabled via `amp_is_enabled` filter. The service ID "paired_routing" is not recognized and cannot be retrieved. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 2.1.1.) in /home/jabarsatu/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.