Home Bandung Pengumuman Nominasi Film dan Narafilm Terpuji Festival Film Bandung 2017

Pengumuman Nominasi Film dan Narafilm Terpuji Festival Film Bandung 2017

794
0

JABARSATU – Festival Film Bandung yang ke-30 tahun 2017. Kiprah Festival Film Bandung (FFB) dalam  penyelenggaraan hajat para insan film tentu merupakan prestasi dan rekor tersendiri, betapa tidak, ia tidak pernah absen satu tahun pun

Di tahun ke 30 ini, ada . Catatan Film Nasional 2016-2017. Dari 114 judul film nasional tahun ini, seperti biasa yang telah dilaksanakan bertahun-tahun  bahwa pengamatan dibagi menjadi empat periode waktu pengamatan. Setiap tiga bulan sejak Agustus tahun lalu, diadakan diskusi (baik langsung atau dalam grup WA/medsos) dalam rangka mengusulkan film-film yang akan diamati lebih lanjut.

Menurut Ketua Umum FFB Edy D Iskandar Selasa 15 Agustus 2017, Setiap periode selalu ada film yang disepakati untuk diamati lebih lanjut. “Pokoknya setiap periode ada yang dipilih untuk diamati lebih lanjut. Setiap periode tersebut setidaknya ada dua puluh judul lebih yang kemudian kami setujui bersama. Dari dua puluh film inilah kami mengambi calon nomine untuk kategori yang akan diberi penghargaan terpuji” katanya.

.FFB mengapresiasi 114 judul Film Nasional yang tayang di seluruh bioskop Kota Bandung  pada periode Agustus 2016 hingga Juli 2017 selama satu tahun pengamatan dengan memberikan penilaian kepada hampir 58% dari total 114 judul film nasional sebagai layak untuk diperhatikan lebih detail. Sistem penilaian tahun ini melibatkan lebih banyak pengamat, dari kalangan generasi muda, yang merupakan anggota aktif dari beberapa komunitas film pendek di kota Bandung, blooger film dan penonton aktif turut memperkaya keberagaman film yang diamati dan dinilai.

Semenyara Agus Safari selaku  pengamat film menyebut  sangat perlu kehati-hatian dan kerja yang lebih ulet. Judul yang sudah diusulkan untuk diamati lebih mendalam, kemudian dicek produksinya satu per satu. Sungguh, kerja yang berat, tapi tetap mengasyikkan karena semuanya dilakukan dengan ‘riang’ penuh kekeluargaan.

Festival Film Bandung 2017, menilai 184 judul film impor yang beredar di bioskop bandung periode 1 Agustus 2016 – 31 Juli 2017 naik 18 judul dari pengamatan tahun sebelumnya. Pengamatan tahun ini yang terdiri dari film-film produksi dari Amerika, Eropa, India, Jepang, China, Korea Selatan dan Rusia yang di produksi antara tahun 2014 sampai 2017. (JBS/MD)

Previous article30 Tahun Festival Film Bandung
Next articleParipurna DPRD Kota Bandung Bahas Perseroan Terbatas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.