Home Bandung Kembangkan Budaya Lewat West Java Usik Penca Festival Budaya

Kembangkan Budaya Lewat West Java Usik Penca Festival Budaya

877
0

JABARSATU – Indonesia memiliki budaya yang beragam, dan disetiap daerah memiliki berbagai macam perguruan silat yang mempunyai sejarah dan filosofi tersendiri.

Acara “West Java Usik Penca Festival” telah berhasil menarik minat masyarakat Bandung, dalam memperkenalkan silat tidak hanya dalam segi prestasinya saja kepada masyarakat, tetapi bagaimana sejarah pencak silat yang ada di indonesia. Acara ini dimulai pada pukul 9 pagi, dan akan berlangsung pada tanggal 10 – 12 Agustus 2017.

Asep Gurwawan selaku ketua MASPI (Masyarakat Pencak silat Indonesia) berharap acara ini dapat menumbuh kembangkan pencak silat tidak hanya dalam bidang olahraga (jalur Prestasi) saja tetapi dalam bidang budaya yang ada pada masyarakat Indonesia terutama Jawa Barat.

Dia berharap pencak silat ini dapat menjadi sebuah pelajaran Muatan Lokal (MuLok) pada setiap lembaga pendidikan di jawa barat, agar bisa mengajarkan kepada masyarakat bahwa pencak silat merupakan budaya khas Indonesia.

Seyogyanya tulisan pencak akan memakai huruf “K” tapi judul acara ini tidak menggunakan huruf tersebut, itu dikarenakan untuk memberitahukan bahwa acara ini memperkenalkan bela diri dan pendekar – pendekar yang berasal dari Jawa Barat.

“Karena banyaknya orang luar yang meneliti pencak silat, saya takut nanti kedepannya bangsa kita harus mempelajari budaya khas Indonesia bukan di negaranya sendiri, tapi harus belajar dari orang luar” ujar Asep Gurwawan selaku ketua umum Maspi Jawa Barat. (Jobs/ILHAMDI/Jbs)

Previous articleKPU Jabar Siap Gelar Pilkada Serentak
Next articlePramuka Harus Faham Pahlawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.