Home Bandung Gokar dan PDIP Hari Ini Tentukan Siapa Yang Maju di Pilgib Jabar

Gokar dan PDIP Hari Ini Tentukan Siapa Yang Maju di Pilgib Jabar

695
0

JABARSATU  –  Partai  Golkar memantapkan langkah di Pilgub Jabar 2018 dengan menjalin koalisi bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kesepakatan itu merupakan instruksi pusat masing-masing partai dan akan dilakukan secara resmi di kantor DPD PDIP, hari ini Rabu 9 Agustus 2017.

Ketua DPD Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi mengatakan, penjajakan komunikasi ini sebagai bentuk untuk mencapai kesepahaman dalam menentukan siapa yang nanti akan diusung oleh kedua partai tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan menggelar pertemuan dengan pejabat struktural PDIP Jabar. Termasuk akan bertemu dengan Ketua DPD PDIP Tubagus Hasanuddin.

”Komunikasi dengan PDIP tingkat Jabar akan kami mulai besok (hari ini, Red) di Kantor DPD PDIP Jabar,” jelas Dedi, Selasa (8/8/2017).

Menurutnya, pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti wacana koalisi Golkar-PDIP yang diutarakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pekan lalu. Instruksinya, meminta Dedi segera berkomunikasi dengan pengurus PDIP daerah.

Dia menilai, koalisi dua partai besar ini sangat strategis untuk merebut kemenangan di Pilgub Jabar. Sebab dari kacamata politis, kedua partai ini mendominasi di kursi parlemen. Bila koalisi ini terbentuk, maka dapat dipastikan menjadi kekuatan besar di Jabar.

”PDIP memiliki 20 kursi, kemudian Golkar memiliki 17 kursi lalu kedua partai relatif memiliki kursi yang banyak di setiap daerah,” tuturnya.

Terpisah, Sekjen DPD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana membenarkan akan digelarnya pertemuan itu. Bahkan, partainya dan Golkar Jawa Barat sudah menyepakati tempat dan waktunya, yaitu di kantor DPD PDIP, Jalan Pelajar Pejuang nomor 45, Kota Bandung pukul 09.00. Sehingga, nantinya pertemuan tersebut sebagai tolak ukur untuk diajukan ke pusat mengenai siapa yang nanti akan diusung.

Menurutnya, adanya instruksi dari DPP PDIP agar menjalin pertemuan dengan Golkar Jabar merupakan langkah tepat. Sebab, dari hasil Pertemuan (tingkat petinggi DPP), adalah langkah baik bagi perkembangan pilkada di Jawa Barat

”Tentu ini akan ditindaklanjuti oleh PDIP dan Golkar di Jawa Barat,” jelasnya.

Meskipun belum bisa memberikan keterangan mengenai agenda apa saja yang akan dibicarakan, Abdy mengatakan, akan dibahas banyak hal termasuk rencana koalisi kedua partai.

Namun, untuk menentukan siapa yang akan dicalonkan dari hasil koalisi tersebut dia mengaku belum bisa mengatakannya. Sebab pertemuan tersebut belaum menghasilkan keputusan dan kesepakatan. ”Mudah-mudahan dalam komunikasi itu akan terbentuk sebuah kesepakatan-kesepakatan untuk pilkada,” pungkasnya.

Sebagai gambaran, PDIP dan Golkar memang menjadi raja di Pilgub Jabar sebelumnya. PDIP meraih kursi terbanyak dengan raihan 20 kursi, sedangkan Golkar berada satu setrip di bawahnya dengan total 17 kursi.

Sementara untuk di Jawa Barat, syarat calon yang diusung parpol yakni 20 persen jumlah kursi di DPRD Jabar atau 25 persen perolehan suara parpol atau gabungan parpol. 20 persen itu berarti 20 kursi. (gm/jbs/md)

Previous articleTahan Segera Setya Novanto
Next article68 Anak Ex-Timtim Masuk Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Notice: Function amp_has_paired_endpoint was called incorrectly. Function called while AMP is disabled via `amp_is_enabled` filter. The service ID "paired_routing" is not recognized and cannot be retrieved. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 2.1.1.) in /home/jabarsatu/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831

Notice: Function amp_has_paired_endpoint was called incorrectly. Function called while AMP is disabled via `amp_is_enabled` filter. The service ID "paired_routing" is not recognized and cannot be retrieved. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 2.1.1.) in /home/jabarsatu/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.