Home Bandung Wow….Rehab Toilet di Provinsi Jabar Harganya Rp 1 M

Wow….Rehab Toilet di Provinsi Jabar Harganya Rp 1 M

459
0

JABARSATU – Tentu sangat menggemaskan dan mungkin bisa membuat publik marah, ketika ada sebuah dinas mengalokasikan harga rehab toilet atau kamar mandi sampai sebesar Rp1.000.000.000. Dan, ini terjadi di Provinsi Jawa Barat, yang pada tahun 2016 tega menghambur-hambur duit pajak rakyat. Dinas tersebut bernama Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat.

Terus terang saja, alokasi anggaran untuk rehab toilet sampai sebesar Rp 1 miliar, memperlihatkan Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Ahmad Heryawan, benar-benar tidak menerapkan anggaran yang berkeadilan dalam APBD Jabar. Masa sih, alokasi anggaran untuk rehab toilet sampai sebesar Rp 1 miliar. Dan hal ini, hanya mencederai hati para orang miskin. Sangat wajar jika kemudian publik menilai, benar-benar keterlaluan para birokrat ini.

Berdasarkan data yang diterima redaksi, bentuk lain ketidakadilan APBD Jabar bisa dilihat dari realisasi bantuan Provinsi Jabar untuk pembangunan ruang kelas baru SMP Negeri 1 Parigi. Untuk pembangunan ruang kelas ini hanya diberikan anggaran sebesar Rp254.828.000. Padahal, anggaran untuk urusan pendidikan seharusnya lebih tinggi atau gede alokasi anggarannya dibandingkan dengan anggaran untuk toilet.

Jadi, dari dua proyek ini, sudah jelas perbedaan anggarannya, antara rehab toilet dengan pembangunan ruang kelas baru, seperti bumi dan langit. Sekali lagi, anggaran untuk pembangunan ruang kelas baru hanya sebesar Rp 254 juta. Sedangkan anggaran untuk rehab toilet sampai sebesar Rp 1 miliaran. Apakah gambaran ini yang ingin diperlihatkan oleh anggota DPRD Jabar maupun pihak pejabat eksekutif Jabar? Bahwa lebih penting dan prioritas anggaran untuk rehab toilet daripada untuk urusan pendidikan generasi muda.

Lantas, apakah kalau tidak ada toilet yang bagus dan lux seharga Rp 1 miliar di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, para pejabat yang berkantor di situ tidak bisa buang hajat besar?

Kemudian, untuk diketahui, proyek rehab toilet/kamar mandi ini sudah dikerjakan oleh CV Tiga Kerabat yang beralamat di Komplek ITC Kosambi, Jalan Beranang Sing G 31 Kota Bandung. Selanjutnya, nilai proyek rehab toilet yang dikerjakan oleh CV Tiga Kerabat tersebut sebesar Rp733.262.000. |JBS/KCA/RE

Previous articleJPU Dianggap Hadirkan Saksi Ahli Tidak Kompeten
Next articleTahan Segera Setya Novanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.