Home Bandung Rek Kusaha Atuh Jabar Teh?”.

Rek Kusaha Atuh Jabar Teh?”.

754
0

JABARSATU – Sejumlah pakar politik dari berbagai kalangan berkumpul di sebuah kafe bertempat di jalan Merak, Bandung selasa malam 1 Agustus 2017. Mereka mendiskusikan tentang pilkada Jawa Barat yang sudah di depan mata. Tema Diskusi berjudul “Ngobrol Ringan Soal Pilgub Jabar Rek Kusaha Atuh Jabar Teh?”.

Ketua DPWP PAN Hasbulloh Rahmad dalam sambutannya berharap pilkada Jawa Barat tidak seperti ibu kota yang di penuhi intrik politik, pilkada Jawa Barat Harus berjalan tanpa intrik – intrik politik yang membuat para elit politik di tanah pasundan saling bermusuhan ketika didalam dan di luar politik.

Tidak hanya itu pemimipin Jawa Barat haruslah bisa melanjutkan ekonomi mikro dan makro di Jawa Barat, dan juga menjadi seorang pemimpin yang amanah kepada rakyat. “Pemimpin Jawa Barat haruslah sepakat jangan hanya terfokus kepada no.1 saja, tetapi wakilnya juga, jadi kepemimpinan yang sepaket, bukan hanya bisa menjaga amanah yang diberikan, tetapi memahami masyarakat Jawa Barat” ujarnya.

Sementara Dadang Hermawan selaku pendiri laskar Naga Bonar menyebutkan, pemimpin Jawa Barat haruslah tegas dan lugas, jangan sampai masyarakat Jawa Barat hanya bisa membeli hasil di tanah nya sendiri tanpa bisa mengolah apa yang ada di tanah kelahiran masyarakat Jawa Barat, dan orang asing sebagai penguasa tanah, “Apakah kita akan kembali ke zaman voc?”, ujarnya.

Dia juga berharap pemimpin Jawa Barat tidak hanya berpusat di kota, tetapi pemimpin yang bisa melihat keadaan pemukiman – pemukiman dan juga perkampungan kecil yang berada didalam hutan Jawa Barat yang kaya akan seni dan budaya.

Di lain sisi, Cep Jafar (Dosen Ilmu Komunikasi Politik) pesimis PAN dapat menang berpolitik dalam peta politik Jawa Barat, dia berpesan agar PAN menjalankan taktik politik dalam peta politik Jawa Barat dengan sangat hati – hati, di dalam internal dan eksternal PAN sendiri.

Menurut Cep Jafar, tidaklah mudah berpolitik di Jawa Barat, karena peta politik Jawa Barat yang telah dianalisa, hanya satu partai saja bisa menang tanpa adanya koalisi yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ada pro dan kontra terjadi disini, beberapa narasumber memihak Partai Amanat Nasional (PAN) dan beberapa pesimis partai tersebut bisa memenangkan pilkada Jawa Barat 2018.

Apakah PAN dapat bergelut dalam ranah politik Jawa Barat yang terlihat jelas di pegang oleh satu partai pemenang tanpa koalisi saat ini. Dalam jangka waktu yang bisa diperkirakan akan terjadi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Jawa barat, partai – partai yang sudah menentukan bakal calon untuk pilkada 2018, baru partai Nasional Demokrat (NASDEM) dan saat ini Partai Amanat Nasional walaupun masih belum pasti , yaitu Deddy Mizwar dan Haris Yuliana.

Aap Salapudin selaku ketua PAN Muda Indonesia (PANDU Indonesia) berharap PAN sendiri mempercepat pengusungan bakal calon gubernur untuk 2018 nanti sesuai dengan regulasi dan undang – undang politik di Indonesia.

Dia merasa bahwa kedua tokoh yang akan di usung ini sangatlah kompeten dalam memimpin masyarakat Jawa Barat, itu di karenakan kedua tokoh ini sangat mengerti tentang budaya dan masyarakat Jawa Barat.

seperti Haris Yuliana,dia orang Jawa Barat yang merupakan anggota legislatif dari fraksi PKS, dan juga merupakan tokoh yang mumpuni dalam memimpin Jawa Barat, dalam konteks politik Haris Yuliana sangat memahami fakta peta politik Jawa Barat dengan aspek – aspek lainnya seperti budaya dan masyarakat Jawa Barat.

Dalam acara ini PAN dan narasumber yang hadir berharap calon yang akan mereka usung akan menjadi pemimpin yang amanah dan mengerti tentang budaya dan kehidupan masyarakat Jawa Barat, tidak hanya itu tetapi pemimpin yang mengayomi masyarakat dan menjadi abdi bagi masyarakat Jawa Barat. (Jobs/ILHAMDI/Jbs)

Previous articlePemkot Bandung Luncurkan Bandung Planning Gallery
Next articleBobotoh Sama Sekali Tak Boleh Hadir di Stadion Selama 5 Laga Persib Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Notice: Function amp_has_paired_endpoint was called incorrectly. Function called while AMP is disabled via `amp_is_enabled` filter. The service ID "paired_routing" is not recognized and cannot be retrieved. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 2.1.1.) in /home/jabarsatu/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831

Notice: Function amp_has_paired_endpoint was called incorrectly. Function called while AMP is disabled via `amp_is_enabled` filter. The service ID "paired_routing" is not recognized and cannot be retrieved. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 2.1.1.) in /home/jabarsatu/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.