Home Nasional Mapolda Sumut Diserang, 5 Orang Jadi Tersangka

Mapolda Sumut Diserang, 5 Orang Jadi Tersangka

462
0

JABARSATU –  Sebanyak lima orang telah diamankan polisi, terkait penyerangan Mapolda Sumatera Utara,. 

“Hasil pengembangan pemeriksaan penyidikan di lapangan, termasuk hasil pemeriksaan, sudah dikembangkan lima orang lainnya,” kata Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel di Mako Brimob Polda Sumut, seperti dilaporkan detik.com.

Menurutnya, kelima orang itu diduga memiliki peran dalam membantu proses penyerangan pos jaga. Namun, Rycko belum menjelaskan identitas kelima orang yang diamankan tersebut.

“Masing-masing perannya ada yang membantu proses perencanaan, memperbanyak dokumen-dokumen propaganda, membantu memperbanyak dokumen video ISIS Suriah, membantu memperbanyak percetakan,” jelasnya.

Menurut Rycko, hasil pemeriksaan sementara menerangkan bahwa pelaku sudah merencanakan aksi tersebut seminggu belakangan ini.

“Merencanakan seminggu belakang ini,” imbuhnya.

Rycko melanjutkan, kelima orang yang diamankan itu diamankan di beberapa tempat yang ada di Medan. Para pelaku merupakan kelompok JAD.

“Jaringan yang melakukan penyerangan tadi pagi hasil penyidikan Densus 88 ada jaringan di Jawa dan wilayah Sumatera. Jaringan JAD, dimana spesifik sasarannya anggota Polri dan merebut senjata,” ujarnya.

Saat ini, kelima orang tersebut sebagian masih dalam pemeriksaan dan sebagian lainnya masih dalam pengembangan.

“Istri pelaku termasuk di antaranya (yang diamankan). Istri (pelaku) SP. Sementara, untuk Bripka Ginting (petugas jaga) dalam keadaan sehat dan sekarang istrirahat,” ujar Rycko.

Terkait kejadian ini, Rycko meminta jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan kepada personel yang sedang menjalankan tugas. “Termasuk juga di Mako serta asrama polisi, tanpa mengganggu proses pelayanan masyarakat,” tuturnya. (dtc/BS/MD)

Previous articlePenumpang Kereta Api Melonjak
Next articleTol Cileunyi Padat Merayap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.