Home Bandung THR Harus Dibayar Seminggu Sebelum Idul Fitri

THR Harus Dibayar Seminggu Sebelum Idul Fitri

619
0

JABARSATU – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengingatkan perusahaan di wilayah Jabar untuk memberikan THR atau tunjangan hari raya menjelang Idulfitri. THR Idulfitri tersebut selambat-lambatnya diserahkan tujuh hari sebelum hari raya Idulfitri. Sehingga, THR bisa digunakan para pekerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Jawa Barat Ferry Sofwan Arif mengatakan, pemberian THR tersebut sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya atau Hari Besar Keagamaan. Pembayaran THR dari perusahaan merupakan rutinitas tahunan yang sudah diatur negara.

Setiap perusahaan harus menganggarkan gaji dalam setahun itu sebanyak 13 kali bukan 12 kali. Adapun satu bulan tambahan tersebut diperuntukkan untuk pemberian THR karyawan.

”Kalau pun ada yang melanggar atau dalam waktu tujuh hari tersebut THR belum cair, perusahaan akan dikenai denda 5 persen dari besaran THR yang harus dibayarkan,” ujar Ferry.

Menurut dia, tahun lalu ada beberapa perusahaan di Jawa Barat yang tidak mampu membayar THR atau terlambat. Dia mengharapkan hal tersebut tidak lagi terjadi pada tahun ini.

Ferry mengakui, untuk mengantisipasi adanya masalah THR, pihaknya akan membuka posko pengaduan. Saat ini di tingkat kota/kabupaten sudah terbentuk, sedangkan di provinsi akan dibentuk dua atau tiga hari ke depan.

Selain itu juga ada lima tambahan posko seiring dengan pembentukan balai pengawasan tenaga kerja di Jawa Barat. Lima balai tersebut yaitu di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, BKPP Purwakarta, BKPP Cirebon, BKPP Priangan, dan subbalai di Tasikmalaya.

”Pada minggu terakhir Ramadan kami juga akan melakukan pemantauan langsung ke beberapa perusahaan mengecek apakah perusahaan membayar THR atau tidak,” katanya. (PR/jbs/MD)

Previous articleFarhan Nekad Daftar Calon Walikota Bandung
Next articleRevitalisasi PKL Otista Bandung Positif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.