Home Bandung Sekolah di Jabar Harus Menerima 3 Orang Disabilitas

Sekolah di Jabar Harus Menerima 3 Orang Disabilitas

546
0

JABARSATU – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengharuskan setiap SMA dan SMK negeri di Jawa Barat menerima paling banyak tiga orang peserta didik penyandang disabilitas pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA 2017. Sebanyak 20 persen kuota PPDB pun harus disediakan setiap sekolah untuk peserta didik dari keluarga ekonomi lemah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi, mengatakan dengan diwajibkannya setiap sekolah menerima tiga calon peserta didik baru penyandang disabilitas ini, setiap sekolah harus menyiapkan semua kebutuhan penyandang disabilitas.

“Baru tahun ini pemerintah mengharuskan setiap sekolah negeri menerima maksimal tiga calon peserta didik yang menyandang disabilitas. Di samping, pemerintah juga menyediakan sekolah-sekolah khusus bagi penyandang disabilitas di setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat,” kata Ahmad di Gedung Sate.

Ahmad menuturkan dengan menerima peserta didik disabilitas ini, setiap sekolah harus menyediakan tenaga pengajar khusus disabilitas, fasilitas belajarnya, sampai toilet dan sarana berjalan khusus penyandang disabilitas. Setiap sekolah harus siapkan semua penunjangnya, sesuai dengan jenis disabilitas yang diterima di sekolahnya tersebut.

“Contohnya, kalau sekolah tersebut menerima peserta didik tunanetra, harus disediakan jalan khusus, buku braile, dan sebagainya. Begitu pun drngan penerima tunagrahita dan lainnya. Kalau belum ada penunjangnya, segera adakan. Kami juga memang menyediakan sekolah khusus disabilitas,” katanya

Selain untuk penyandang disabilitas dan peserta didik dari keluarga ekonomi lemah, Ahmad mengatakan setiap sekolah pun harus menyediakan 10 persen untuk calon peserta didik yang masuk melalui jalur prestasi nonakademik, seperti yang berprestasi di bidang kesenian, agama, dan keterampilan.(TJ/JBS/MD)

Previous articleCegah Tradisi Titipan Dissik Jabar Minta Bantuan Tim Saber Pungli
Next articleJeihan dan Kematangan Pikiran Terekam Dalam Buku dan Pameran Sufi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.