Home Bandung Cegah Tradisi Titipan Dissik Jabar Minta Bantuan Tim Saber Pungli

Cegah Tradisi Titipan Dissik Jabar Minta Bantuan Tim Saber Pungli

591
0

JABARSATU – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi, mengatakan untuk mencegah tradisi titipan pada PPDB SMA dan SMK 2017, pihaknya menggandeng Tim Saber Pungli Jawa Barat. Setiap sekolah dipersilakan meminta bantuan Tim Saber Pungli untuk menghilangkan tekanan-tekanan dari sejumlah pihak untuk menitipkan anaknya masuk sekolah tertentu.

“Ada di salah satu sekolah, 70 persennya itu titipan. Makanya alih kelola SMA dan SMK ke Pemprov Jabar ini, jadi momentum untuk menghilangkan tekanan itu. Jika banyak tekanan dari pejabat, hadirkan aparat hukum, seperti Saber Pungli,” katanya.

Bisa saja, ucapnya, pejabat memasukkan anaknya melalui jalur khusus tanpa menitip, yakni melalui jalur nonakademik. Melalui jalur prestasi, anak pejabat ini akan diseleksi berdasarkan kemampuannya, contohnya sebagai atlet motorcros atau di bidang kesenian seperti menjadi anggota band musik.

“Putra siapapun, jika punya passing grade baik atau keterampilan di bidang kesenian, agama, atau olahraga, bisa masuk lewat jalur itu, tapi kuotanya 10 persen. Soalnya berdaaarkana pengalaman, jadi banyak calo saat PPDB ini. Makanya, silakan hadirkan Saber Pungli, supaya sekolah fokus laksanakan PPDB sesuai aturan,” katanya.

Ahmad mengatakan terdapat sekitar 733 ribu siswa yang lulus dari SMP. Kuota SMA/SMK negeri di Jawa Barat sebesar 35 persen dari angka total tersebut. Diharapkan sisanya juga bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah swasta.(TJ/JBS/MD)

Previous articleKendaraan Angkutan Barang Tak Boleh Melintas Jabar Mulai H-7 Lebaran
Next articleSekolah di Jabar Harus Menerima 3 Orang Disabilitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.