Home Bisnis & Ekonomi Persaingan Kualitas Perguruan Tinggi Di Indonesia Dinilai Masih Rendah

Persaingan Kualitas Perguruan Tinggi Di Indonesia Dinilai Masih Rendah

484
0

JABARSATU Р Persaingan kualitas perguruan tinggi di Indonesia dinilai masih rendah. Mutunya masih berada di klaster 3 dari 5 klaster yang ada. Untuk meningkatkan kualitas, pemerintah memberikan berbagai hibah. Salah satunya adalah dengan memberikan hibah kompetensi penelitian.

Direktur Penjaminan Mutu Kemenristek Dikti, Aries Junaidi menyampaikan hal itu pada pembukaan acara Diseminasi Sistem Penjaminan Mutu Internal.

Dia mengatakan, di Indonesia terdapat lima klaster ukuran kualitas. Klaster satu merupakan perguruan tinggi pembina yang seluruhnya berstatus negeri. Klaster 2 adalah perguruan tinggi pendukung yang terdiri atas perguruan tinggi negeri (PTN) dan beberapa yang berstatus swasta (PTS). Sedangkan tiga klaster berikutnya adalah PTS yang masih harus meningkatkan mutunya.

“Jadi kurva terbesarnya berada di klaster tiga dan kami terus meningkatkan mutunya,” ujar Aries.

Peningkatan mutu, kata dia, merupakan komitmen seluruh pemangku kepentingan. Mulai dari unsur pimpinan, dosen, sampai mahasiswa. Untuk melaksanakan komitmen tersebut, seluruh pemangku kepentingan harus membangun budaya mutu yang berujung pada performa perguruan tinggi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Dengan performa seperti itu, lanjut dia, juga akan mendukung terciptanya good governance. “Jadi satu sama lain antara performa perguruan tinggi dengan pemerintahan tidak dapat dipisahkan. Semuanya berhubungan satu sama lain,” tutur Aries.(PR/JBS/MD)

Previous articleDisparbud Kab. Bandung Barat Kembangkan Lima Desa Sebagai Desa Wisata.
Next articleAngka Perceraian di Sukabumi Cukup Tinggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.