Home JabarKini Secara Historis Nama Galuh Tepat untuk Ciamis

Secara Historis Nama Galuh Tepat untuk Ciamis

570
0

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mendukung usulan perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Galuh jika sudah melalui kajian yang mendalam.

Iwa mengatakan pihaknya mendukung mengingat wacana perubahan nama tersebut sudah ramai diperbincakan oleh warga. “Kalau seluruh komponen masyarakat menghendaki dan membawa manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Ciamis, prinsipnya saya mendukung,” katanya pada wartawan, Jumat (12/5/2017).

Seperti diberitakan media, sebelumnya DPRD Ciamis tengah memproses penggantian nama tersebut. Dalam rapat dengar pendapat bersama budayawan, tokoh, dan beberapa sejarawan Sunda, Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana langsung menunjuk Komisi 4 untuk menindaklanjuti wacana tersebut.  Salah satunya menyangkut dilakukannya kajian ilmiah.

Iwa menilai meski secara historis nama Galuh tepat untuk Ciamis, namun perubahan nama kabupaten tersebut bukan perkara sederhana.

“Penggantiannya harus sesuai ketentuan dan dilakukan kajian mendalam dari berbagai aspek,” ungkanya.

Jelas Iwa, perubahan nama Ciamis harus didorong lewat kajian yuridis formal, sosial budaya, sejarah dan aspek keuntungan bagi masyarakat. Jika wacana ini serius, pihaknya mendorong agar kajian menyeluruh tersebut segera dilakukan. Iwa mengembalikan usulan tersebut ke pihak pemerintah kabupaten ciamis dan warga Ciamis.

“Ini perlu cermat, karena akan merubah peraturan daerah, logo, lambang, cap, alamat dan banyak aspek lainnya,” tegasnya.(PJB/JS/HMT)

Previous articleElpiji 5 Kg Masih Langka
Next articleIndustry 4.0 Topang Ekonomi Digital