Home Bandung Delapan Penipu di Sukabumi Diringkus

Delapan Penipu di Sukabumi Diringkus

815
0
  1. JABARSATU -,  Delapan orang yang diduga menjalankan modusundian berhadiah digerebek di sebuah rumah kontrakan di kawasan Perumahan Cibeureum, Jalan Pangkajene, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi.

Kawanan ini sering beraksi dalam jaringan online yang mengharuskan si pemenang mentransfer sejumlah uang untuk mencairkan hadiah. Penggerebekan dilakukan aparat Kodim 0607/Kota Sukabumi.

“Pengungkapkan berawal dari informasi warga yang curiga dengan aktivitas di sebuah rumah kontrakan,” kata Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0607/Kota Sukabumi Mayor Inf Suparno, kepada wartawan, Selasa sore. Berbekal informasi tersebut pihaknya langsung menerjunkan satu regu Unit Intel Kodim 0607/Sukabumi untuk melakukan penggerebekan.

Ia mengatakan delapan orang tersangka ini berbagi peran dan tugas dalam menjalankan aksinya.

Pelaku utama dalam penipuan itu yakni Yu alias Iwan Bone (34 tahun) warga Desa Kadupandak, Kabupaten Cianjur. Sementara tiga orang berperan sebagai penyebar sms penipuan yakni Au (34) warga Kecamatan Belawa, Sulawesi Selatan, MT (24) tidak ada identitas dan Ru (27) warga Kecamatan Belawa Sulawesi Selatan.

Tiga terduga lainnya berperan sebagai pengambil uang yang sudah masuk di bank yakni Us (24) warga Desa Kadupandak,Cianjur, Ek (32) warga Desa Babakan Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Satu tersangka lainnya berperan sebagai penerima telpon yakni Da (20) warga Kadupandak, Cianjur.

Dalam penggerebekan itu juga ada seorang wanita yang berperan sebagai pembantu rumah tangga De (34) warga Kadupandak,Cianjur.

Barang bukti yang diamankan di antaranya handphone (HP) sebanyak 36 unit, modem sebanyak 263 unit, laptop sebanyak 14 buah, sim card berbagai jenis sebanyak 857 buah, USB Hab sebanyak 16 buah, stop kontak sebanyak 13 buah, kipas angin pendingin laptop sebanyak delapan buah, dan sepeda motor dua unit.

“Barang bukti uang tunai sebesar Rp 38.296.500 dan kartu kredit sebanyak 38 buah. Terduga pelaku penipuan dan barang bukti ini langsung diserahkan ke Polres Sukabumi Kota,” katanya.

Ia menduga jumlah korban kemungkinan ratusan karena para tersangka sudah menjalankan operasinya selama satu tahun.(tj/jbs/md)

Previous articleJelang Lebaran Bahan Pokok di Bandung Aman
Next articlePertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Bisa Mencapai 11%