Home Bandung Gedung Satpas Dibangun Untuk Mudahkan Pembuatan SIM

Gedung Satpas Dibangun Untuk Mudahkan Pembuatan SIM

595
0

JABARSATU -, Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Cimahi diresmikan di Jalan Jenderal Amir Mahmud Kota Cimahi.  Keberadaan Satpas tersebut menjadi prototipe bagi polres lain, sarana dan fasilitas modern tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Royke Lumowa hadir langsung meresmikan gedung tersebut. Didampingi Kapolda Jabar Anton Charliyan dan Kapolres Cimahi Ade Ary Syam Indradi, Royke memantau sejumlah ruang ujian SIM termasuk mesin simulator maupun area tes praktek mengemudi kendaraan.

“Untuk tahun anggaran 2016 telah dibangun 8 gedung Satpas di berbagai kota besar, dua diantaranya di Jawa Barat termasuk Kota Cimahi. Prototipe pembangunan gedung Satpas oleh Korlantas Mabes Polri dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam membuat SIM,” ujarnya.

Royke menjelaskan, pembangunan gedung Satpas akan mempermudah para pemohon SIM karena dilengkapi dengan peralatan yang modern.
“Satpas prototipe yang modern ini, dilengkapi dengan lapangan praktek yang ada tanjakannya, kemudian semua didalamnya menggunakan sistem komputerisasi, ujian teorinya juga komputerisasi dengan sistem alpis dan didalam juga dilengkapi dengan trafic simulator,” ucapnya.

Pembangunan gedung Satpas dan gedung Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi itu menelan dana sebesar 13 milyar rupiah yang bersumber dari dana APBN Murni tahun anggaran 2016 dibantu daerah.

“Pembuatan SIM di Satpas, selain mempermudah juga akan membuat para pemohon SIM dapat memahami rambu-rambu dan tata tertib lalu lintas,” ujarnya.

Sementara itu Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Anton Charliyan mengatakan, Polri akan terus meningkatkan kualitas pelayanan pada semua fungsi termasuk dibidang lalu lintas terutama dalam pembuatan SIM. “Dengan menggunakan IT masyarakat bisa mengikuti ujian dengan tepat, murah dan biayanya juga jelas,” ujarnya.

Anton berharap dengan adanya Satpas itu bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Cimahi.
Kapolres Cimahi Ade Ary Syam Indradi mengatakan, pembangunan Satpas SIM Polres Cimahi dengan dana bersumber dari APBN memberi kepercayaan untuk menjadi prototipe bagi polres lain. “Dengan adanya fasilitas yang modern ini, tentunya akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada masyarakat,” tuturnya. (PR /JBS /MD)

Previous articleWarga Buahdua Sumedang Waswas Karena Longsor
Next articleWadan Sesko TNI Meninggal