Home Sosial 49 Titik Rawan Keeta Api Aman Dilalui

49 Titik Rawan Keeta Api Aman Dilalui

545
0

JABARSATU – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung memastikan jalur kereta api di wilayah kerjanya aman untuk dilalui arus mudik dan balik Lebaran 2017. Sebanyak 49 titik rawan telah dipetakan dan dipantau demi kenyamanan pengguna kereta api.

“Ada 49 titik rawan dengan berbagai macam jenis kerawanan, bisa longsor, banjir, ambles, dan pencurian,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus.

Untuk mengantisipasi kerawanan tersebut, Joni mengaku telah menyebar 170 petugas untuk jaga posko di titik rawan itu. Mereka bertugas secara simultan selama 1 × 24 jam.

“Daerah yang paling rawan KM 106 antara Stasiun Sukatani dan Ciganea, itu rawan ambles. Kami dirikan posko pemantauan, dibekali alat komunikasi dan alat pengukur. Jika terjadi penurunan jalur atau trek, mereka bisa segera lapor,” ujarnya.

Dalam beberapa hari terakhir, pihaknya telah melakukan pemeriksaan jalan oleh petugas penilik jalan untuk memastikan keamanan dan kinerja dengan metode pengecekan dari satu stasiun ke stasiun lainnya. Secara sistem, pemeriksaan dilakukan secara berlapis mulai dari prasarana, sarana, hingga disiplin pegawai.

“Lumrahnya pemeriksaan oleh petugas pemeriksa jalur saja. Namun, untuk lebih meningkatkan keselamatan, manajemen ikut turun ke lapangan untuk berpartisipasi memastikan kemanan jalur kereta api, seperti dilakukan Vice President Daop 2 bersama jajarannya beberapa hari lalu,” ucap Joni. (pr/JBS/MD)

Previous articleTaman Makam Pahlawan Subang Diziarahi Plt Bupati
Next articlePemprov Jabar Getol Cegah HIV/AIDS