Home Bandung Jumlah Peserta UN di Jabar 538.404 Siswa

Jumlah Peserta UN di Jabar 538.404 Siswa

728
0

JABARSATU – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, menyatakan jumlah siswa SMA, SMK, MA dan sederajat di Provinsi Jawa Barat yang menjadi peserta Ujian Nasional (UN) 2016 yang akan dilaksanakan serentak pada Senin (4/4), tercatat sebanyak 538.404.

“Jumlah ini naik jika dibandingkan dengan peserta UN tingkat SMA dan sederajat tahun lalu yakni 469.767 siswa,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Dinas Pendidikan Jawa Barat Dodin Rusmin Nuryadin, ketika dihubungi, Minggu (3/4).

Dikatakan dia, UN SMA tahun ini akan menerapkan dua model yakni secara tertulis/konvensional atau Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil serta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Oleh karena itu pada kapasitas tersebut, kita mempersiapkan segala sesuatu segala maksimum. Tinggal nanti bantuan dari teman-teman kabupaten/kota saja,” kata dia.

Ia merinci dari total jumlah peserta UN 2016 di Jawa Barat tersebut sebanyak 425.238 siswa adalah peserta Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil kemudian sebanyak 113.166 siswa adalah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Menurut dia, total siswa peserta UN 2016 di Jawa Barat ini tersebar di 6.019 sekolah SMA, SMK, MA dan secara umum Provinsi Jawa Barat siap melaksanakan UN 2016 yang akan dilaksanakan pada 4 April nanti.

Pihaknya menambahkan soal UN diprediksi sudah sampai di sekolah pada Minggu malam ini karena pendistribusian yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat sudah dilakukan sejak kemarin.

“Kita memastikan pendistribusian ini tepat waktu dan dikawal ketat agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, pihaknya juga telah mengantisipasi pendistribusian soal UN bagi daerah-daerah rawan bencana alam seperti banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (aktual.com)

Previous articleInilah Rilis PP Pemuda Muhammadiyah dalam Proses Otopsi Siyono
Next articleNelayan Demo Menteri Susi