Home Hukum Sudirman Said Kembali Lakukan Blunder Terselubung

Sudirman Said Kembali Lakukan Blunder Terselubung

720
0

Screenshot_2016-01-08-10-00-20-1
JABARSATU – Alih-alih jera dengan beragam cibiran masyarakat, Menteri Energi Sumber Daya Alam Sudirman Said kembali membuat blunder. Hari ini Jumat, (8/1) ia melakukan lawatan mendadak ke Provinsi Maluku.

Kabar sementara, Sudirman Said akan menggelar pertemuan terbatas dengan bupati dan pimpinan DPRD Maluku Tenggara Barat di Soumlaki, kemudian bertemu dengan Gubernur dan pimpinan DPRD Provinsi Maluku di Ambon.

Mengutip RMOL, kunjungan ini terkait proyek pengembangan lapangan Abadi di Blok Masela untuk memuluskan pembangunan unit pengolahan gas Masela di atas laut (on shore).

Kunjungan tersebut disebut-sebut difasilitasi oleh Inpex, perusahaan gas yang berkantor pusat di Jepang.

Akan halnya, Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian Indo-Strategi, Andar Nubowo, menilai kinerja buruk Sudirman Said adalah dalil kuat bahwa Presiden Joko harus segera menggantinya dari kursi Menteri ESDM.

“Presiden Jokowi mengganti Menteri ESDM dengan menteri yang benar-benar bekerja untuk kepentingan negara dan mewujudkan Nawacita. Selama ini Sudirman Said melakukan sejumlah langkah yang blunder dan membuat Kabinet Kerja di mata publik semakin buruk citranya,” tandas Andar.

Dalam kasus yang dikenal “Papa Minta Saham” misalnya, sesungguhnya substansinya adalah bagaimana upaya Menteri ESDM ingin memperpanjang kontrak PT Freeport tertutupi dengan isu besar perremuan Ketua DPR, pengusaha dan Dirut Freeport. Padahal beberapa bulan sebelum kasus ini mencuat, Menteri ESDM sudah membuat surat persetujuan perpanjangan kontrak untik Freeport.

“Masyarakat kurang memahami apa sesungguhnya yang yang terjadi dan hanya tertuju pada Novanto. Jadi, kasus yang diungkap Sudirman Said ke MKD DPR, hanya bagian kecil, dari skenario besar memuluskan jalan bagi perpanjangan kontrak dan Sudirman Said berperan besar,” katanya. (tyo/rmol)

Previous article
Next articleNabi itu Revolusi Moral Bukan Revolusi Mental

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.