Home Hukum Penangkapan Novel Harus Transparan

Penangkapan Novel Harus Transparan

465
0

Jabarsatu.com – Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Alhabsyi meminta agar penyidikan yang menjerat penyidik KPK, Novel Baswedan, berlangsung transparan. Polri harus memberikan penjelasan secara rinci kepada publik atas setiap tindakan yang dilakukan agar tidak menimbulkan kecurigaan.

“Jangan sampai publik mendapatkan informasi yang tidak benar dari pihak lain,” kata politisi PKS itu dalam keterangan yang diterima wartawan, Minggu (3/5/2015).

Selain itu, ia meminta Polri dapat membuktikan secara terang setiap tudingan yang ditujukan kepada Novel. Hal itu untuk menghindari adanya dugaan kriminalisasi dalam penanganan kasus ini. “Bila memang benar itu ada tindak pidana, berarti hal tersebut bukan kriminalisasi. Sebaliknya, bila tak ada korban atau tindak pidana yang terjadi, dapat dikatakan penyidik telah melakukan kriminalisasi terhadap Novel Baswedan,” ujarnya.

Aboebakar pun mengingatkan, agar semua pihak menghormati proses hukum yang berlaku. Menurut dia, apa yang kini tengah dilaksanakan Polri merupakan bagian dari proses penegakkan hukum. Untuk itu, ia meminta, agar tidak ada pihak-pihak yang memberikan intervensi dalam penyelesaian kasus ini.

“Sejarah mencatat, proses hukum terhadap ketua MK, anggota DPR, calon Kapolri, maupun para Jendral selama ini selalu dilakukan tanpa ada intervensi. Biarkanlah para penegak hukum menjalankan tugasnya dengan merdeka,” katanya.(Kg/jbs)

Previous articleMayweather Kalahkan  Manny Pacquiao
Next articlePSSI Jamin Persib Bandung dan Persipura Jayapura Berlaga di AFC Cup 2015

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.