Home Hukum Jenderal Badrodin Harus Tunjukkan Ketegasan Memimpin Polri

Jenderal Badrodin Harus Tunjukkan Ketegasan Memimpin Polri

485
0

badrodoinJABARSATU.COM – Setelah dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri pada Jumat (17/4), Jenderal Badrodin Haiti harus menunjukkan ketegasannya memimpin institusi tersebut. Warnanya harus jelas dan jangan sampai muncul kesan bahwa Badrodin ‘disetir’ orang lain.
“Setelah sekitar tiga bulan Polri tidak punya pemimpin, pasca diberhentikannya Pak Sutarman jadi Kapolri pada 16 Januari 2015, akhirnya Jumat lalu institusi tersebut punya Kapolri lagi,” ujar pengamat kepolisian Aqua Dwipayana pada Senin (20/4/2015) yang turut gembira atas pelantikan tersebut.
Sesudah resmi jadi Kapolri, lanjut mantan anggota Tim Pakar Seleksi Menteri detikcom ini, Badrodin harus menunjukkan ketegasannya memimpin Polri. Jangan ragu-ragu dalam bertindak terutama membenahi internal Polri yang disoroti secara tajam oleh masyarakat, pasca perseteruan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Warna Badrodin sebagai Kapolri, menurut pakar komunikasi ini, harus jelas. Apa pun kebijakan yang dikeluarkan Polri, baik untuk internal maupun eksternal, utamanya yang strategis harus sepengetahuan Badrodin.
Selain itu, saat mutasi dan promosi anggota Polri berpangkat perwira menengah dan perwira tinggi, ujar Aqua, dapat dilihat secara jelas ‘sentuhan’ dan warna Badrodin sebagai Kapolri. Terbaik mengedepankan obyektivitas, profesionalisme, dan kinerja setiap personel. Sehingga perubahan pejabat di lingkungan Polri tidak menimbulkan polemik baik di internal maupun eksternal Polri.
“Sebagai orang pertama di Polri, Pak Badrodin harus yakin betul bahwa semua kendali di Polri berada di tangannya. Jika ada anggota Polri yang bertindak di luar itu, beliau harus berani menindak tegas dan memberikan hukuman sesuai dengan kesalahannya,” ujar Aqua yang pernah mengajar Komunikasi di Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimpti) Polri.
Itu menurut Aqua sangat penting, sebab jika terjadi sesuatu yang negatif di Polri, pasti yang paling diminta pertanggungjawabannya adalah Kapolri. Jangan sampai Badrodin menanggung hal-hal tidak pas yang dilakukan jajarannya.(DTC/MD/JBS)

Previous articleIndonesia dan Norwegia Sepakat Bantu Pulihkan Afghanistan
Next articleSetahun Tanggul Jebol Belum Diperbaiki, Warga Pun Kesulitan Air Bersih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.