Home JabarKini DPR Minta Penjelasan Kemlu, Belajar dari TKW Siti yang Dieksekusi

DPR Minta Penjelasan Kemlu, Belajar dari TKW Siti yang Dieksekusi

518
0

dpr1JABARSATU.COM – Anggota Tim Pengawas TKI dari DPR, Ahmad Zainuddin mendukung langkah pemerintah yang memprotes keras Kerajaan Arab Saudi atas pelaksanaan eksekusi mati terhadap Siti Zaenab.
Seperti diketahui, Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Siti Zaenab telah menjalani eksekusi mati pemerintah Arab Saudi terkait aksi pembunuhan sadis yang dilakukannya.
Siti Zaenab merupakan seorang buruh migran Indonesiadi Arab Saudi yang dipidana atas kasus pembunuhan terhadap istri pengguna jasanya bernama Nourah binti Abdullah Duhem Al Maruba pada tahun 1999. Siti Zainab kemudian ditahan di Penjara Umum Madinah sejak 5 Oktober 1999.
Politisi PKS itu, menyesalkan sikap Kerajaan Arab Saudi yang tidak mengindahkan pemerintah RI. “Kami mendukung sikap Menlu yang sudah layangkan protes keras. Kalau perlu, Menlu panggil Dubes Arab Saudi untuk meminta klarifikasi kenapa eksekusi itu terkesan sepihak, tidak ada pemberitahuan ke kita,” ujar Zainuddin dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (15/4/2015).
Belajar dari kasus itu, Zainuddin minta Kemlu segera melakukan pendataan ulang di lapangan terkait kasus-kasus hukum yang membelit WNI di Arab Saudi.
“Saya ingin minta kepada Kemenlu kita, berapa sih WNI kita yang terancam hukuman mati di sana. Bagaimana proses hukumnya saat ini, langkah pembelaan apa yang sudah dilakukan. Saya khawatir, kasus seperti Zainab ini banyak dan sudah terjadi sebelumnya. Hanya kasus ini saja yang terekspose,” kata Zainuddin.(JBS/GM

Previous articleHormati Tamu Negara, Terpidana Kasus Narkoba Dieksekusi Mati Usai KAA
Next articlePesawat tempur TNI F-16 terbakar di Lanud Halim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.