Home Bisnis & Ekonomi Hingga Hari Ini, 72 Negara Dipastikan Hadir di Peringatan KAA

Hingga Hari Ini, 72 Negara Dipastikan Hadir di Peringatan KAA

587
0

gedung merdeka tanpa benderaJABARSATU.COM – Sebanyak 72 negara telah memastikan diri hadir di acara peringatan ke-60 tahun Konfrensi Asia-Afrika (KAA) yang digelar pada 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 negara di antaranya akan dihadiri oleh kepala negara atau kepala pemerintahan.
“Selain Presiden, kehadiran negara juga diwakilkan oleh Wakil Presiden dan Wakil Perdana Menteri sekitar tujuh orang, Menteri Luar Negeri dan Wakil Menlu serta utusan khusus,” papar¬† Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Christiawan Nasir.
Sementara itu, terkait permintaan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo, Arrmanatha menyebut sudah ada 18 negara yang meminta. Namun, jumlah itu diperkirakan terus bertambah.
Kendati begitu, dia menyebut, tidak semua permintaan pertemuan bilateral bisa dipenuhi. Dia menekankan, jika ada permintaan bilateral yang tidak terpenuhi, bukan berarti ditolak atau dianggap tidak penting oleh Indonesia.
Pertemuan bilateral, Arrmanatha melanjutkan, ada yang bersifat langsung tatap muka dengan kepala negara atau menteri di dalam ruangan, ada juga yang dilakukan di sela acara tertentu. Mereka akan memilih tempat yang memungkinkan di sudut ruangan.
Untuk tawaran pertemuan bilateral di tahap menlu sudah ada dari 12-15 negara yang meminta. Tata membantah terdapat kendala dalam hal kesiapan tempat dan ruangan untuk memfasilitasi pertemuan bilateral tersebut.
Di sela KAA, Presiden Afrika Selatan juga akan melakukan kunjungan kenegaraan. Nantinya, akan dibahas kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Afsel serta beberapa isu KAA.(JBS/GM)

Previous articlePolwan Cantik di Cianjur, Siap Mengantar SIM dan BPKB ke Rumah
Next articleDishub Kota Bandung Siapkan 50 Anggota Amankan 13 Titik Rute Delegasi KAA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.