Home Bisnis & Ekonomi Tanpa Nuklir, Target Listrik 35.000 Megawatt Tidak Akan Tercapai?

Tanpa Nuklir, Target Listrik 35.000 Megawatt Tidak Akan Tercapai?

681
0

JABARSATU.COM – Menteri Ristek, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir mengakui target kelistrikan yang dicanangkan pemerintah Joko Widodo sebesar 35.000 megawatt, cukup berat jika tidak didukung pemanfaatan tenaga nuklir.

Nasir mengungkapkan, kebutuhan energi listrik yang tersedia saat ini 25.000 MW. Diperkirakan, sampai 2025 kebutuhan energi mencapai 60.000 MW, sehingga dibutuhkan tambahan 35.000 MW tersebut. “Pemerintah sendiri sanggup 15.000 MW, sisanya swasta. Problemnya selain pendanaan, semua itu berorientasi batubara, panas bumi, dan energi fosil. Kalau hanya mengandalkan ini (tanpa nuklir), kalau 35.000 MW akan dipenuhi 2025, saya prediksikan cukup berat,” ucap Nasir dalam sebuah diskusi di Jakarta.

Padahal, Nasir mengatakan Kemenristek bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa nuklir bisa dimanfaatkan secara aman dan efisien.
Nasir juga memastikan dari sisi sumber daya manusia, Indonesia mampu membangun dan merawat reaktor nuklir. Terbukti beberapa orang Batan dan lulusan teknik nuklir Indonesia sudah bekerja untuk negara lain, salah satunya Kanada. Ditambah lagi, pemanfaatan energi nuklir telah diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2014 tentang Perizinan Instalasi Nuklir dan Pemanfaatan Bahan Nuklir. (K/jbs)

Previous articleJelang KAA Empat Lukisan Dipamerkan
Next articleJK Jadi Saksi Dalam Kasus Yance di PN Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.