Home Hukum Jelang KAA Empat Lukisan Dipamerkan

Jelang KAA Empat Lukisan Dipamerkan

781
0

JABARSATU.COM – Menjelang peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60, empat lukisan tokoh KAA tahun 1955 dipamerkan. Keempat tokoh tersebut yakni Presiden Indonesia pertama Soekarno, Perdana Menteri Tiongkok Chou En Lai, Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru, dan Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser.

“Pameran akan berlangsung di RS Melinda II dari 9 April hingga 15 Mei 2015. Penggunaan rumah sakit sebagai ruang pamer lukisan memang unik. Tapi RS bukan hanya tempat orang sakit untuk berobat tapi juga tempat edukasi,” ujar Marketing Manager RS Melinda 2, Remy Adhi Prabowo di Bandung, Senin (13/4/2015).

Remy menjelaskan, dengan pameran ini masyarakat yang berkunjung ke RS Melinda bisa melihat, mengenang, sekaligus mengambil pelajaran dan keteguhan para tokoh KAA. Apalagi keempat tokoh ini merupakan orang luar biasa yang menginspirasi di negaranya masing-masing dan dunia.

“Dengan tidak mengurangi rasa hormat kami pada tokoh lainnya di KAA, kami mengambil empat tokoh ini karena mereka merupakan tokoh sentral,” ucap dia.

Seperti Chou En Lai yang dalam perjalanannya menghadiri KAA 1955, pesawatnya Kashmir Princess meledak oleh bom waktu di Perairan Natuna. Sebanyak 16 orang penumpangnya tewas. Tapi, upaya pembunuhan perdana menteri Tiongkok ini gagal, karena Chou En Lai pergi terpisah dengan rombongan KAA.

Sedangkan Nasser merupakan tokoh sentral di Timur Tengah. Ia adalah salah satu pemimpin yang berhasil mempengaruhi negara lain. Bahkan Israel sangat takut terhadap Mesir saat itu. “Begitupun dengan Nehru, apalagi Soekarno yang perjuangannya sudah kita ketahui dan rasakan bersama,” ungkap dia.

Empat lukisan tersebut dibuat oleh seniman asal Bandung, Rosyid. Ia menuangkan imajinasinya dari sebuah foto yang akan dilukiskannya ke dalam kanvas berukuran 150×120 centimeter.

Previous articleToken Khusus Membuka Soal UN
Next articleTanpa Nuklir, Target Listrik 35.000 Megawatt Tidak Akan Tercapai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.