Home JabarKini Cosmogony Ala Herry Dim

Cosmogony Ala Herry Dim

1172
0

herrJABARSATU.COM – Seniman yang juga budayawan asal Bandung Herry Dim akan menggelar pameran lukisan dan seni rupa bertajuk “Cosmogony dalam Seni Rupa” di Bale Motekar Kota Bandung, 12-19 April 2015.
“Kosmogoni itu hubungannya dengan mitologi-mitologi tua. Kosmogoni mengacu pada asal-usul keberadaan yang dalam kamus bahasa Inggris diartikan the origin or generation of the universe,” kata Budayawan Jacob Sumarjo di Bandung, Selasa.
Menurut dia, Kosmologi mengandung makna proses atau gerak dinamik yang mengarah kepada kosmologi atau ketata keberadaan yang kurang-lebih tetap. Kosmologi yang nampaknya permanen ternyata juga tidak permanen alias dalam gerak perubahan yang terus-menerus juga.
Sementara dalam hubungannya dengan lukisan karya Herry Dim menurut Jakob Sumardjo bahwa cara Herry Dim memanifestasikan dirinya dalam lukisan-lukisannya ini dapat mengandung dua teori semesta yang saling berseberangan, yakni teori “Big Bang” dan teori Alam Tetap.
“Herry Dim lebih melihat mandalanya sebagai gerak perubahan terus-menerus dengan maknanya sendiri yang kurang-lebih tak terbatas. Bukan kosmogoni tetap yang menjadi kosmologi, tetapi seperti penganut teori “Big Bang” yang melihat semesta atau hidup ini senantiasa dalam gerak, berubah, menjadi lain dari sebelumnya,” katanya.
Herry Dim terakhir menggelar pameran “A Childs World of Hope and Peace” pada tahun 2008 di Salle de Pas Perdus, Palais des Nations, Geneva, Switzerland (Markas Besar PBB di Jenewa, Swiss).
Sementara itu Herry Dim menyebutkan, kegiatan pameran itu merupakan kerja sama antara Studio Pohaci, Bale Motekar Padjadjaran, Universitas Padjadjaran, SatriaSatria Org., Krika Workshop Studio, Studio Hanafi dan sejumlah dukungan lainnya.(JBS/ant)

Previous article4 Ribu Pedagang Pasar Baru Diminta Komitmen Tolak Joki
Next articleIbu Rumah Tangga Tewas Bersimbah Darah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.