Home Hukum Kasus Dugaan Korupsi Stadion BLA Gedebage Diduga Capai Ratusan Miliar

Kasus Dugaan Korupsi Stadion BLA Gedebage Diduga Capai Ratusan Miliar

573
0

gedebageJABARSATU.COM – Kasus dugaan korupsi pada proyek Stadion Bandung Lautan Api (BLA) Gedebage kini tengah diusut Polda Jabar dan Mabes Polri. Diduga kerugian negara mencapai ratusan miliar rupiah. Namun untuk kepastiannya, penyidik masih menunggu hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
“Dugaan kerugian negaranya besar, bisa sampai Rp 300 miliar. Makanya kasus ini join investigasi dengan Mabes. Awalnya kita yang menyelidiki, namun karena kasusnya besar, Mabes yang ambil alih. Polda Jabar membantu kelengkapan bukti,” ujar Direktur Ditreskrim Khusus Polda Jabar Kombes Pol Wirdhan Denny, Selasa (31/3/2015).
Menurutnya sudah ada lima saksi dari Pemkot Bandung dan kontraktor PT Adhi Karya yang diperiksa. Satu orang yaitu Sekretaris Distarcip Kota Bandung Yayat Ahmad telah ditetapkan sebagai tersangka.
“Untuk penambahan tersangka belum, mungkin nanti akan bertambah setelah audit dari BPKP keluar,” kata Wirdhan.
Wirdhan menjelaskan kasus dugaan korupsi pada megaproyek ini dimulai saat ada laporan amblesan tanah di beberapa titik, sehingga membuat bangunan retak. “Sekarang makin banyak yang retak, tapi katanya kontraktornya mulai memperbaiki,” ujar dia.
Proyek pembangunan stadion bertaraf internasional itu adalah proyek pada tahun anggaran 2009-2013. Proyek yang mulai bergulir jaman Wali Kota Dada Rosada ini menelan biaya cukup fantastis, yaitu Rp 545 miliar. Pasang surut pembangunan stadion megah ini. Stadion ini diharapkan menjadi kebanggaan warga Kota Kembang. Di awal pembangunan mendapat pertentangan oleh sejulah warga. Belum lagi soal cekaknya kucuran dana dari pemerintah provinsi. (JBS/MD/DTC)

Previous articleWakil Ketua DPRD Kab. Bandung Minta Warga Awasi Dana Hibah Bansos
Next articleKapolda Jabar Klaim Aksi Begal di Jawa Barat Hanya 8 Persen Setahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.