Home Bisnis & Ekonomi Jabar Targetkan Produksi Padi Tahun Ini 13,5 Juta Ton

Jabar Targetkan Produksi Padi Tahun Ini 13,5 Juta Ton

575
0

sawahJABARSATU.COM – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menargetkan produksi padi di Jabar meningkat menjadi 13,5 juta ton pada tahun ini. Sebelumnya pada tahun 2014 produksi padi di Jabar mencapai 11,5 juta ton.
Menurut Aher, target tersebut merupakan target nasional karena Menteri Pertanian (Mentan) sendiri sudah menargetkan penambahan produksi padi sebanyak 2 juta ton agar pencapaian swasembada pangan bisa segera tercapai.
“Target 11,5 juta ton, itu berdasarkan pencapaian kita tahun kemarin. Jadi kalau ditambahkan 2 juta berarti 13,5 juta ton,” ujar Aher di Gedung Sate, Jumat (13/3/2015).
Menurut Aher, target tersebut bisa tercapai dengan beberapa cara, di antaranya peningkatan peralatan mesin pertanian (Alsinta) dan infrastruktur pertanian, seperti traktor dan saluran irigasi.
“Untuk irigasi primer dan skunder itu butuh waktu. Mudah-mudahan akhir tahun 2015 sudah selesai. Jadi awal tahun 2016 sudah terpakai. Tapi dari irigasi tersier-pun sudah berdampak pada pertanian,” ucap Aher.
Lebih lanjut Aher mengatakan, peningkatan sesungguhnya kemungkinan akan terjadi pada tahun 2016 mengingat kesiapan sarana prasarananya.
“Target peningkatan 2 juta ton relatif bisa dilakukan tetapi tidak bisa janji, karena sarananya, langkah-langkahnya masih baru mulai kan. Kalau irigasi sudah berfungsi baik tentu lain ceritanya,” kata Aher.(JBS/MD/DTC)

Previous articleKisah Jeihan Sukmantoro (Bagian 1) : Usia 5 Tahun Pernah “Meninggal”
Next articleTawuran Pelajar Pecah di Purwakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.