Home Dunia Hari Ini 10 Maret; AS Jatuhkan 2.000 Ton Bom di Tokyo

Hari Ini 10 Maret; AS Jatuhkan 2.000 Ton Bom di Tokyo

636
0

nagasakiJABARSATU.COM – Sedikitnya 100.000 warga sipil tewas akibat serangan yang dilakukan Amerika Serikat (AS) di Tokyo, Jepang, 10 Maret 1945. Sebanyak 300 pesawat pembom dikerahkan, pada hari kedua serangan di ibukota Jepang itu.
Dilansir dari laman History, hampir 2.000 ton bom dijatuhkan, mengakibatkan kehancuran yang luar biasa dalam upaya menjatuhkan moral orang Jepang, serta memaksa mereka menyerah dalam Perang Dunia II.
Serangan itu merupakan operasi pengeboman pertama yang dilakukan AS terhadap Jepang. Pesawat pembom B-29S memulai serangan pada pagi hari, dengan menjatuhkan bom napalm dan magnesium.
Ribuan ton bom dijatuhkan ke kawasan pemukiman warga sipil di sepanjang Sungai Sumida, sebelah timur Tokyo. Kebakaran meluas dengan cepat, pada rumah-rumah orang Jepang yang terbuat dari material kayu dan kertas.
Oksigen berubah menjadi gas mematikan karbon monoksida. Sebagian besar korban tewas dengan kondisi mengerikan, terpanggang di tengah kebakaran hebat di Tokyo. Sebagian juga karena kehabisan oksigen.
Bahkan mereka yang berusaha menyelamatkan diri dengan terjun ke sungai, mati karena panasnya air sungai yang mendidih. Hingga sembilan hari berikutnya, AS melakukan serangan serupa di Nagoya, Osaka dan Kobe.
Puncak serangan AS adalah pada Agustus 1945, dengan dijatuhkannya dua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, yang akhirnya membuat Jepang menyerah.
(JBS/MD/VV)

Previous articleCara Pacquiao untuk Kalahkan Mayweather
Next articleKY Belum Panggil Hakim Sarpin Terkait Putusan Komjen Budi Gunawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.