Home JabarKini Sopir Sutan Bhatoegana Diperiksa KPK Terkait Kasus Gratifikasi

Sopir Sutan Bhatoegana Diperiksa KPK Terkait Kasus Gratifikasi

561
0

sutan-bhatuganaJABARSATU.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Casmadi, mantan sopir tersangka perubahan ABPN-P 2013, Sutan Bhatoegana.
Casmadi akan dimintai keterangannya oleh penyidik KPK terkait dugaan kasus gratifikasi atau janji terkait kegiatan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Casmadi akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan bekas Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Waryono Karno.
“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WK (Waryono Karno),” ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, Jakarta, Senin (9/3/2015).
Sebagai sopir, Casmadi diduga kuat mengetahui penerimaan gratifikasi untuk Sutan dari mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Waryono Karno.
Sekedar informasi, KPK telah menetapkan Waryono sebagai tersangka pada kasus tersebut. Penetapan ini merupakan yang kedua setelah dia jerat pasal gratifikasi.
Dalam kasus ini, Waryono dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.
Selaku Sekjen ketika itu, Waryono diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan atau penyalahgunaan wewenang secara bersama-sama yang mengakibatkan kerugian negara.
Hasil perhitungan sementara, KPK memperkirakan kerugian negara dalam kasus ini sekitar Rp 9,8 miliar dari total anggaran Kesekjenan tahun 2012 mencapai Rp 25 miliar.(JBS/TN/MD)

Previous articleKASBI Tuntut Kesejahteraan Buruh Perempuan
Next articlePelimpahan Kasus Budi Gunawan ke Kejaksaan Agung untuk Dinginkan Suasana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.