Home Hukum Pelimpahan Kasus Budi Gunawan ke Kejaksaan Agung untuk Dinginkan Suasana

Pelimpahan Kasus Budi Gunawan ke Kejaksaan Agung untuk Dinginkan Suasana

540
0

budigJABARSATU.COM – Pelimpahan kasus Budi Gunawan dari KPK kepada Kejaksaan Agung dinilai tidak melanggar sistem hukum. Hal itu diungkapkan Anggota Komisi III DPR Arsul Sani ketika dikonfirmasi, Senin (9/3/2015).
“Memang terbuka kemungkinannya karena KPK memiliki fungsi koordinasi dan supervisi dengan lembaga hukum lainya sepanjang proses hukum itu dijalankan dengan baik oleh Kejaksaan Agung,” kata Arsul.
Ia mengatakan pelimpahan kasus itu tidak harus dipaksakan. Jika terdapat bukti-bukti yang kuat maka kasus tersebut bisa dilanjutkan.
Sedangkan dari sisi psikologis, Arsul menuturkan pelimpahan kasus itu dapat mendinginkan suasana yang tidak kondusif antara Polisi dengan KPK. Sehingga KPK dapat berkonsentrasi dengan kasus lainnya.
“Tidak energi KPK fokus pada kasus Budi,” imbuhnya.
Mengenai kekhawatiran kasus Budi Gunawan akan dihentikan, Politisi PPP itu enggan berandai-andai. Ia menuturkan koalisi masyarakat sipil harus mengawal kasus itu agar tidak dihentikan.
“Kalau dihentikan kan bisa dipraperadilankan, oleh KPK sendiri maupun masyarakat sipil. Mereka kan orang yang dirugikan dalam kasus korupsi yang dirugikan rakyat,” tuturnya.
Ia juga mengatakan bila dihentikan maka KPK secara kelembagaan dapat mengambil alih lagi kasus tersebut. “Jadi ini sebua proses atas supervisi,” ujarnya.(JBS/TN/MD)

Previous articleSopir Sutan Bhatoegana Diperiksa KPK Terkait Kasus Gratifikasi
Next articleWarga Temukan Emas Diduga Hasil Perampokkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.