Home Bisnis & Ekonomi Rupiah Terus Melorot, Indonesia Bisa Jadi Negara Kere

Rupiah Terus Melorot, Indonesia Bisa Jadi Negara Kere

488
0

uangJABARSATU.COM – Nilai tukar rupiah masih dibayangi pelemahan di awa pekan ini.  Pada awal perdagangan di pasar spot, rupiah melemah hingga menyentuh level 13.000.
Berdasarkan data Bloomberg, mata uang Garuda ini dibuka melemah ke posisi Rp 12.976 per dollar AS, dibanding penutupan akhir pekan lalu pada 12.932. Pada pukul 08.51, rupiah bahkan menyentuh posisi 13.000.
Naiknya indeks dollar AS diperkirakan kembali menggoyang posisi mata uang garuda. Indeks dollar AS masih menguat hingga Sabtu dini hari seiring dengan baiknya data AS. Tingkat PDB AS pada triwulan IV/2014 yang direvisi turun, masih lebih baik dari angka konsensus. 
Di sisi lain, Tiongkok memangkas suku bunga acuannya 25 basis poin (bps) untuk mengimbangi inflasi yang terus turun. Keputusan itu mempertegas arah kebijakan moneter China yang memang sudah semakin longgar semenjak tahun lalu. 
Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan mata uang dollar AS diperkirakan masih akan kuat di perdagangan Asia hari ini. Malam nanti ditunggu angka ISM Manufacturing AS yang diperkirakan turun.   
Rupiah kembali melemah di perdagangan akhir pekan,  setelah dollar AS mempertahankan tren penguatannya di pasar Asia. Pasar SUN dan saham masih berada dalam tren penguatan. 
Dengan mempertimbangkan kenaikan harga minyak internasional serta pelemahan rupiah, pemerintah menaikkan harga jual premium sebesar Rp 200 per liter. Dampaknya terhadap inflasi akan positif tetapi minimal. Angka inflasi Februari yang datang siang ini diperkirakan turun dari angka Januari yang 6,96 persen secara tahunan (YoY) ke kisaran 6,5-6,7 persen YoY. 
“Rupiah diperkirakan masih akan tertekan oleh penguatan dollar AS hari ini,” sebutnya.

 Sementara menurut Ekonom Universitas Indonesia Didik J Rachbini, Pemerintah Jokowi ini harus benar-benar menjaga stabilitas rupiah, jangan dibiarkan seperti ini. Prestasi kita bisa turun, “Ini bisa keluar dari negara G20, dan pendapatan kita rendah dan bisa kere lagi kita,” Katanya. .(JBS/K/MD)

Previous articleHari Ini KPK Kedatangan Mantan Pimpinan KPK
Next articleRio Dewanto dan Sosok yang Kompleks dalam “Love & Faith”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.