Home JabarKini Mumi Kuno di Dalam Patung Budha

Mumi Kuno di Dalam Patung Budha

828
0

patungJABARSATU.COM – Sebuah patung Budha yang dipamerkan pada Museum Drent, Belanda, belum lama ini menarik perhatian publik. Sebab patung Budha yang tengah bermeditasi itu di dalamnya terdapat tubuh mumi.
Hal itu dipastikan setelah patung Budha asal Tiongkok itu di-CT scan sebuah rumah sakit Belanda.
Melansir io9.com, Senin 23 Februari 2015, menurut Museum Drent, di dalam patung tersebut terdapat mumi biarawan Liuquan yang diperkirakan hidup sekitar 1.100 masehi. Patung Budha itu merupakan benda bersejarah abad ke-11 dan ke-12 milik Sekolah Meditasi China.
Kepastian adanya tubuh mumi di balik patung itu diketahui setelah rumah sakit terkenal di Amersfoort, Belanda, Meander Medical Centre, memindai dan tes endoskopi patung Budha duduk tersebut.
Dengan dibantu beberapa karyawan rumah sakit, seorang dokter ahli memeriksa rongga dada dan perut mumi dan kemudian mengambil sampel hati dan bagian perut mumi.
“Dia (dokter ahli) membuat penemuan spektakuler pada organ (mumi). Di sana ditemukan semua jenis bahan busuk, sisa kertas yang dicetak dalam huruf Tiongkok kuno,” kata keterangan resmi rumah sakit Belanda itu dilansir Robswebstek.com.
Patung Budha saat dipindai
Peneliti rumah sakit juga mengambil sampel tulang untuk uji DNA. Penelitian mumi ini akan dipublikasikan dalam monografi Master Liuquan.
Setelah dipamerkan di Belanda, mumi itu akan dipamerkan di Museum Naturak History, Budapest, Hungaria sampai Mei 2015. (JB/MD)

Previous articleMegawati ke Bali Saat Banyak Kadernya Pindah Partai
Next articleMA Perberat Vonis Atut Jadi Tujuh Tahun Penjara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.