Home Hukum Aiptu Labora Sitorus Akhirnya Ditangkap

Aiptu Labora Sitorus Akhirnya Ditangkap

503
0
foto :net
foto :net
foto :net

JABARSATU.COm – Ajun Inspektur Satu (Aiptu) Labora Sitorus, terpidana kasus rekening gendut dan pencucian uang yang melarikan diri dari tahanan di Sorong, Papua Barat, akhirnya ditangkap pihak kepolisian. Penjemputan paksa itu dilakukan pada Jumat (20/2/2015) dini hari tadi.
Seperti dilansir Kompas TV, penjemputan paksa Labora dilakukan pada pukul 02.00 waktu setempat. Sempat terjadi perlawanan dari para pendukung Labora, meski penjemputan kemudian berjalan kondusif.
Penolakan penahanan Labora dilakukan dengan cara pemblokiran jalan. Para pendukung Labora pun mengeluarkan teriakan-teriakan sepanjang jalan menuju lokasi.
Disebutkan, penangkapan berjalan cukup singkat, sekitar 15 menit. Puluhan aparat gabungan dari Polda Papua Barat dan kejaksaan ikut dalam penjemputan paksa tersebut.
Labora dikabarkan akan ditahan di Sorong, bukan di Jakarta.
Sebelumnya, Labora ditangkap penyidik Badan Reserse Kriminal Polri dalam kasus dugaan penimbunan bahan bakar minyak dan kayu di Raja Ampat pada 19 Mei 2013. Penangkapan itu dilakukan setelah Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf mengatakan kepemilikan rekening gendut Labora sebesar Rp 1,2 triliun.
Menurut Yusuf, uang Labora mengalir ke sejumlah pihak. PPATK menemukan lebih dari 1.000 kali transaksi penarikan dan penyetoran dana oleh Labora dan pihak terkait lainnya untuk kepentingan Labora. “Total yang ditransaksikan secara tunai dketahui berjumlah Rp 1 triliun,” ujar Yusuf.

Labora kemudian meninggalkan Lembaga Pemasyarakatan Sorong sejak mengajukan izin berobat, Maret 2014. Setelah itu, ia tidak kembali lagi, hingga muncul surat bebas demi hukum yang ditandatangani Pelaksana Harian Kepala LP Sorong Isaak Wanggai.
Sekitar 1.000 orang yang merupakan gabungan dari para pekerja PT Rotua dan warga sekitar perusahaan itu berunjuk rasa mendukung Labora. Mereka menggunakan sepeda motor dan truk serta membawa sebuah ekskavator. Mereka menuju kantor Kejari Sorong dan DPRD Kota Sorong.
Sebagai informasi, PT Rotua adalah perusahaan pengolahan kayu milik Labora. (JBS/mD)

Previous articleVokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson Dirawat karena Kanker
Next articleBadrodin: Budi Gunawan Harus Dimutasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.