Home Hukum Komisaris Jenderal Badrodin Haiti Jadi Kapolri Baru

Komisaris Jenderal Badrodin Haiti Jadi Kapolri Baru

592
0

badrodoin

JABARSATU.COM – Presiden Joko Widodo menggelar jumpa pers siang ini pukul 14.20 WIB. Jokowi mengumumkan Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai calon Kepala Polri yang baru menggantikan calon sebelumnya, Komisaris Jenderal Budi Gunawan.

Sebelumnya, Badrodin mendatangi Istana Bogor Selalsa lalu. Namun, kedatangan itu tak diketahui kapan persisnya Badrodin datang. Pantauan Tempo, mobil Badrodin yang bernomor polisi 2-00 tampak terparkir di ruang tunggu yang terletak di dalam kompleks Istana Bogor, Selasa, 17 Februari 2015.
Biasanya, tamu presiden menggunakan ruangan yang berselang dua bangunan dengan ruang wartawan tersebut, untuk menunggu presiden siap menerima tamu.
Waktu itu Jokowi memimpin rapat koordinasi untuk persiapan penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika ke-60 dan New Asian-African Strategic Partnership ke-10.
Rapat tersebut dimulai pukul 10.30 yang melibatkan Wakil Menteri Luar Negeri, A.M. Fachir dan jajarannya. “Kami masih punya waktu enam minggu, saya yakin persiapan dapat dilakukan dengan baik,” ujar Jokowi di Ruang Rapat, Istana Negara, Selasa, 17 Februari 2015.
Pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengatakan keputusan Presiden Jokowi mencalonkan nama baru sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia harus dapat benar dipertanggungjawabkan. Yunarto mengatakan, dengan hadirnya nama baru ini Jokowi akan memasuki babak baru untuk kembali ‘menjual’ Badrodin.
Menurut dia, bargaining position Jokowi dipertaruhkan. “Nama baru tentu harus jauh lebih baik dari nama sebelumnya (Komisaris Jenderal Budi Gunawan),” kata dia saat dihubungi Tempo, Rabu, 18 Februari 2015.
Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membeberkan alasan penunjukan Badrodin ini sebagai Kapolri.
“Supaya ini strukturalnya baik dan dia sudah melaksanakan situasi yang berat sebulan. Karena ya struktural,” ujar JK di kantor wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2015).
“Jadi dari Wakapolri naik. Jadi tidak perlu dari luar. Jadikan ada step-step yang baik, proporsional,” tambahnya.
JK mengatakan pemerintah menginginkan calon yang profesional dan Badroddin Haiti adalah calon yang profesional untuk memimpin Kapolri.
“Karena itu juga kita profesional, bukan pilih apa, tapi profesional,” terangnya.(jbs/T/dtc/md)

Previous articleJokowi Berhentikan Sementara Abraham Samad dan Bambang Widjojanto
Next articleDikhawatirkan Penundaan LSI Munculkan Dualisme Kompetisi Lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.