Home JabarKini Program Citarum Bersih Tidak Melibatkan Masyarakat

Program Citarum Bersih Tidak Melibatkan Masyarakat

587
0

citarumJABARSATU.COM-Program Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Indah, Lestari) Jabar yang digulirkan Pemprov Jabar dalam penanganan Sungai Citarum, sampai saat ini belum melibatkan masyarakat setempat. Bahkan pihak desa di Kec. Kertasari saja belum pernah diajak konsolidasi dalam program tersebut.

Kades Cihawuk, Kec. Kertasari, Aef Saefuloh  usai melakukan audiensi dengan anggota DPRD Kab. Bandung menuturkan, program Citarum Bestari hanya gunjingan semata. Sebab pihak desa pun belum pernah diajak konsolidasi terkait program tersebut.

“Bukan hanya aparat desa, dalam program Citarum Bestari masyarakat tidak dilibatkan. Bahkan selama ini belum pernah ada sosialisasi, pelatihan atau lainnya,” katanya.

Diakui Aef, dulu pernah dari provinsi mengumpulkan aparat desa untuk melakukan pengukuran antara bibir Citarum ke lahan warga. Namun mereka hanya bicara untuk apa.

“Setelah diukur, kita bingung ditanya warga untuk apa. Harusnya pemerintah menyosialisasikan dulu untuk apa dan kalau dibebaskan konfensasinya. Makanya bisa dibilang sampai saat ini program Citarum Bestari ini belum ada eksen yang jelas,” ujarnya yang dibenarkan Kades Cibeureum, Atep Syarif Hidayat. (jbs/gm/md)

Previous articlePihak AirAsia Kembali Beri Penjelasan Terkait Pembekuan Rute
Next articleAntisipasi Penumpukan Sampah, Dimaksimalkan Buang ke Beberapa TPS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.