Home JabarKini Jika Diminta Jokowi, Kompolnas Ajukan 4 Jenderal Calon Pengganti Sutarman

Jika Diminta Jokowi, Kompolnas Ajukan 4 Jenderal Calon Pengganti Sutarman

560
0

kapolrisJABARSATU.COM – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyiapkan empat jenderal yang dianggap layak menggantikan posisi Kepala Polri Jenderal Pol Sutarman. Keempat nama itu akan diajukan kepada Presiden Joko Widodo jika dibutuhkan sebagai saran dan pertimbangan.
Komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan mengaku belum mengetahui pasti kapan rencana pergantian jabatan di posisi itu.
“Itu tidak bisa diprediksi. Kebijakan itu merupakan hak prerogatif Presiden. Yang pasti tahun 2015 ini,” kata Edi, Rabu (7/1/2015).
Posisi Kompolnas, kata Edi, hanya mengajukan nama-nama. Terkait siapa yang terpilih, keputusan sepenuhnya ada di tangan Presiden Jokowi.
Menurut Edi, Kompolnas sudah meminta daftar rekam jejak sejumlah jenderal yang dianggap pantas menjabat sebagai Kapolri. Nama-nama yang masuk ke bursa pengganti Sutarman akan dilihat rekam jejaknya. Hal-hal yang menjadi pertimbangan, di antaranya, prestasi, kepemimpinan, profil, serta sekurangnya memiliki masa kerja dua tahun sebelum pensiun.
Secara terpisah, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie mengatakan Kapolri belum diminta presiden untuk mengajukan calon penggantinya.
“Yang saya monitor saat ini, belum ada permintaan (dari Presiden kepada Kapolri). Kapolri menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden karena itu hak Presiden,” kata Ronny.
Sejumlah nama yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat calon Kapolri adalah Inspektur Pengawasan Umum Komjen Pol Dwi Priyatno (Akpol 82), Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Komjen Pol Budi Gunawan (Akpol 83), Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Komjen Pol Putut Eko Bayuseno (Akpol 84), dan Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Pol Suhardi Alius (Akpol 85).(JBS/kompas/MD)

Previous articleAtlet Putri Sepak Takraw Indonesia Diperkosa Mahasiswa
Next articleNgamen Bersama Artis Terkumpul Rp 31 Juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.