Home Dunia Singapura Tersinggung, KRI Usman Harun Ikut Pencarian AisAsia

Singapura Tersinggung, KRI Usman Harun Ikut Pencarian AisAsia

628
0

airasiaJABARSATU.COM – Keikutsertaan KRI Usman Harun dalam pencarian AirAsia QZ8501 ternyata mengundang polemik, khususnya bagi publik Singapura. Pasalnya, nama Usman Harun dianggap teroris oleh Singapura.

Media Singapura, Channel News Asia mempertanyakan pelibatan kapal yang secara resmi namanya dipermasalahkan pemerintah Singapura. Seperti diketahui, nama kapal ini berasal dari pelaku peledakan Gedung MacDonald, Orchard Road pada 1965, yakni Usman Muhammad Ali dan Harun Said.

Bagi Indonesia, keduanya adalah marinir yang melaksankan tugas negara pada periode konfrontasi dengan Federasi Malaya. Tapi bagi warga Singapura, aksi mereka termasuk terorisme paling parah sepanjang sejarah negara itu. Bom Usman dan Harun menewaskan tiga orang, menyebabkan 33 lainnya cedera parah. USman Harun bahkan dihukum mati oleh pemerintah Singapura pada 1968.

Namun Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) berusaha tidak memikirkan keberadaan KRI Usman Harun yang dulu mereka keluhkan itu. Fokus gabungan tim SAR saat ini menemukan sebanyak mungkin korban serta kotak hitam pesawat.

“Tentara Nasional Singapura fokus membantu proses pencarian ini secara profesional,” menurut juru bicara MINDEF seperti ditulis Channel News Asia.(jbs/md)

Previous articleTim Forensik Polda Jabar Ambil Sampel DNA Orangtua Wanti
Next articleYandi Ingin Main Lagi Lawan Borneo FC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.