Home Hukum Polisi Bongkar Pembuatan STNK Aspal di Bandung

Polisi Bongkar Pembuatan STNK Aspal di Bandung

2463
0

stnkJABARSATU.COM – Setelah mengungkap sindikat pencurian kendaraan bermotor, Polsek Lengkong berhasil melakukan pengembangan dan membuka adanya komplotan pembuatan STNK palsu. Kualitas STNK aspal buatan Tompel Cs disebut sangat mirip dengan yang asli.
Fadli alias Aldi, salah satu anggota sindikat curanmor ternyata juga bisa membuat STNK palsu. Pembuatan STNK palsu dilakukan supaya mobil yang telah berhasil dicuri bisa di jual atau digadaikan kembali serta tidak dikenali lagi oleh pemilik aslinya.
Usai memetik mobil Grand Livina nopol B 1346 BFB bersama rekan-rekannya, Aldi menghubungi Tomi untuk dibuatkan STNK palsu. Aldi menyerahkan data kendaraan pada Tomi supaya untuk diubah.
“Mobil yang semula bernomor polisi B 1527 BWF diganti mejadi D 1613 QB dengan harga pembuatan STNK palsu itu Rp 3,5 juta,” ujar Waka Polrestabes Bandung AKBP Awal Chairuddin didampingi Kapolsek Lengkong Kompol Jaya Hardianto di Polsek Lengkong, Jalan Buah Batu, Senin (29/12/2014). Mobil dengan STNK palsu kemudian akan dijual dengan harga Rp 20 juta sampai 30 juta.
Dalam menjalankan aksinya membuat STNK palsu, Tomi tak bekerja sendiri, ia dibantu Woyong. Kualitas STNK palsu buatan Tomi Cs ini disebut Awal sangat bagus. Ukuran kertasnya sama, jenis huruf (font) juga sama. Tak hanya itu, hologram yang ada di STNK palsu pun mirip dengan STNK asli.
“Kalau dilihat sekilas tidak terlihat perbedaan STNK asli dan palsu ini,” katanya.
Yang berbeda yaitu hologram di bagian samping STNK asli terlihat menyambung sementara yang palsu hologramnya putus-putus.
Untuk pembuatan STNK motor, para pelaku membandrol harga Rp 1,5 juta. Sementara untuk STNK mobil, harganya antara Rp 2,5 juta sampai 3,5 juta.
Sejumlah barang bukti mulai dari bahan kertas, plastic foil, laptop, printer dan alat laminating telah diamankan. Ketiganya saat ini mendekam di Polsek Lengkong untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.(JBS/DTC/MD)

Previous articlePerampok Sadis Ditembak Polisi
Next articleDitemukan Serpihan Pesawat Air Asia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.